CARA AGAR CASING KOMPUTER TIDAK NYETRUM

Anda punya komputer yang CPU atau monitornya suka nyeturm jika kesentuh?. Jika benar, maka kemungkinan jalur listrik komputer anda tidak memiliki ground/grounding. Seperti kita ketahui kabel power / kabel strum komputer terdiri dari 3 jalur kabel yaitu kabel yang bermuatan listrik, kabel massa, dan kabel ground (lihat gambar)
gambar kabel strum komputer

Nah Yang menjadi pertanyaan kenapa komputer nyetrum?, Jawabanya karena tidak ada ground/grounding mungkin akibat jaringan instalasi listrik PLN di rumah anda tidak benar, biasanya pegawai PLN atau tukang listrik lainnya dalam memasang jaringan kabel untuk jalur strum di rumah hanya menggunakan kabel yang didalamnya terdiri 2 kabel saja, yaitu kabel strum / kabel yang berteganggan listrik dan kabel massa, sedangkan kabel ground tidak dipasang atau hanya disatukan dengan massa, sehingga jika ada peralatan yang membutuhkan jalur strum 3 kabel seperti halnya komputer, maka CPU atau monitor tersebut akan dialiri strum dan jika anda menyentuk body CPU maka anda akan tersengat aliran listrik walau tegangannya kecil.

Bahaya tidak strum yang nempel pada body CPU?, sebenarnya strum yang keluar dari CPU tegangannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu berbahaya pada diri anda namun dapat mengagetkan jika di setuh, orang yang tidak tahu banyak yang bilang aneh dan mungkin salah satunya anda, kalau anda melihat orang yang suka service komputer jika pegang CPU tidak kesetrum tapi jika anda yang menyentuhnya anda terkena sengatan listrik atau kesetrum. Sebenarnya bukan aneh cuma cara megangnya saja yang salah, jika ingin saat pegang CPU tidak tersetrum caranya gampang sekali, anda tinggal pegang saja body CPU tersebut dengan erat, maka CPU tersebut tidak akan nyetrum dijamin, lalu kemana strum tersebut? ya.. strum tersebut mengalir pada tubuh anda. he... Namun harus tetap hati-hati ya...

Untuk mengatasi agar komputer tidak nyetrum selamanya sangatlah mudah, yaitu anda hanya tinggal memasang kabel ground saja, anda bisa memperbaiki dengan cara menambahkan ground pada instalasi listrik di rumah anda, jika tidak bisa serahkan pada ahlinya. Atau jika anda tidak mau susah berikut tips agar komputer tidak nyetrum yaitu hanya dengan menambahkan kabel ground pada komputer anda. berikut cara agar body CPU komputer tidak nyetrum.
  1. Siapkan 1 buah paku dan kabel secukupnya 1-2 meter tergantung kebutuhan, bisa pakai kabel apa saja (bebas).
  2. Tempelkan ujung kabel yang satu pada body CPU bisa di satukan dengan baut atau di solder, yang penting nempel.
  3. Lilitkan atau ikatkan ujung kabel satunya lagi pada paku, kemudian paku tersebut pakukan pada tembok dinding rumah anda (usahakan pada dinding yang lembab).
  4. Test body CPU anda dengan obeng test pen atau multitester.
  5. Selesai deh dan saya jamin komputer anda 100% tidak nyetrum.
  6. Yang paling bagus adalah istalasi jaringan PLN di rumahnya diperbaiki, gunakan kabel dengan 3 kabel (masa, ground dan daya listrik). hubungi saja PLN atau orang yang ahli di bidang instalasi jaringan listrik.

Jika CPU anda masih nyetrum kemungkinan tembok anda kurang baik untuk dialiri listrik ground, coba pindahkan ke luar rumah, cari besi ukuran 50cm - 1 meter kemudian tanam pada tanah yang lembab atau yang berair, ujung kabel dari CPU tempelkan dan ikat pada besi tersebut. Semoga berhasil dan selamat merawat komputer anda.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "CARA AGAR CASING KOMPUTER TIDAK NYETRUM"

  1. hehe iya bener juga yah....
    thanx

    ReplyDelete
  2. wah mau saya coba nih tips nya, soalnya kompi saya sakit bangget nyetrum nya, moga berhasil. thanx infonya gan

    ReplyDelete
  3. Betul bgt tuh,,
    Kebanyakan instalasi listrik di tmpt kita hanya menggunakan 2 kabel yaitu listrik dan masa,
    Sementara kabel ground sering di abaikan karna di anggap tidak terlalu penting...

    ReplyDelete

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.