MANFAAT JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

manfaat jaringan komputer
Tambahan dari posting sebelumnya tentang laporan PKL jaringan komputer, atau laporan PKL TKJ, untuk keli ini akan dibahas tentang manfaat jaringan komputer dan manfaat jaringan LAN dan internet. manfaat jaringan komputer sangat banyak sekali, misalnya manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari hari, manfaat jaringan komputer untuk perusahaan, manfaat jaringan untuk pelajar, manfaat jaringan komputer bagi masyarakat.

Manfaat Jaringan Komputer dan Internet
Secara umum, jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (standalone). Jaringan komputer dalam dunia usaha dan pendidikan sangat membantu sekali dalam menunjang kinerja atau proses usaha atau proses pendidikan, sehingga manfaat jaringan komputer dan jaringan internet sangat membantu dalam bidang teknologi. Ada beberapa manfaat tentang jaringan komputer ini diantaranya:

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
Dalam bidang usaha managemen metode yang harus diterapkan, penghematan dalam management perlu dilakukan untuk menghindari adanya kebangkrutan akibat kurang efisien dalam mengelola sumber daya. Misalnya, dalam perusahaan terdapat komputer, printer, scanner tunggal yang memiliki kualitas tinggi, yang dimanfaatkan oleh seluruh pegawai, jadi hanya dengan 1 printer misalnya para pegawai bisa ngeprint secara berbarengan. Dibandingkan memakai printer kualitas rendah pada masing-masing meja kerja kayawan.


Jaringan membantu mempertahankan informasi agar up to date dan aman.
Dalam jaringan komputer ataupun internet, tempat penyimpanan data terpusat atau disebut dengan server adalah hal yang harus dimiliki guna keperluan memanagemen secara berkala dalam hitungan detik. Selain melayani data yang selalu update, server juga bisa mengontrol dan membatasi para pengguna yang akan mengakses data sewaktu data sedang diproses di server, jadi dengan server orang yang tidak memiliki hak akses tidak bisa mengambil, mengedit dan menghapus data sembarangan, dengan server juga data setidaknya bisa aman dari kehilangan akibat virus.


Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
Dengan adanya jaringan komputer baik LAN, MAN, WAN atau internet memungkinkan transfer data dari client 1 ke client yang lain bisa dilakukan dengan cepat. sehingga kinerja kerja bisa dipercepat dan penghematan waktu lebih efisien.

Jaringan komputer memungkinkan membentuk kelompok kerja (workgroup) dapat berkomunikasi dengan lebih efisien.
Pengiriman data atau pesan melalui surat sekarang sudah tidak efisien, penyampaian pesan elektronik atau disebut dengan e-mail (electronic mail) merupakan salah satu pilihan yang harus dimiliki, pengiriman surat dengan email dapat menghemat waktu dan biaya hanya dalam hitungan detik surat dapat diterima oleh sipenerima, semua itu berkat adanya jaringan komputer. Jaringan komputer juga bisa membuat sebuah group kerja (work group) masing-masing departemen sehingga penyelesaian kerja dapat diselesaikan sesuai dengan group kerja masing-masing, dan setiap group kerja nantinya disatukan kedalam sebuah proyek kerja sebenarnya.


Jaringan komputer membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
Jarak yang jauh adalah kendala dalam sebuah bisnis, namun dengan adanya jaringan internet, kendala tersebut bisa sedikit diatasi yaitu dengan menyediakan layanan akses secara online, misalnya dengan menyediakan sebuah website, atau aplikasi / program jarak jauh, sehingga dapat membantu usaha dalam melayani pelanggan di luar jangkaun kerja perusahaan

Mungkin itu beberapa manfaat dan keuntungan jaringan komputer dan internet, sebenarnya masih banyak manfaat jaringan komputer, namun itu saja yang bisa saya posting, selanjutnya nanti akan saya bahas tentang jaringan komputer yang lainnya: misalnya program komputer yang gratis untuk bisnis, kerugian jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, jenis jaringan komputer, topologi jaringan komputer, manfaat jaringan internet, jaringan komputer internet, pengertian jaringan komputer, macam-macam jaringan komputer, dan lain sebagainya.

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by rahmat hidayat, Published at 12:59 PM 0 comments
Post a Comment

Google+ Followers