.

SEJARAH SINGKAT JARINGAN KOMPUTER

SEJARAH SINGKAT JARINGAN KOMPUTER

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan komputer. Pada tahun 1988, jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya, salah satu jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan jaringan raksasa yang telah menjadi realitas di dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia.
Teknologi jaringan yang semakin maju perlu didukung oleh perangkat keras dan perangkat lunak jaringannya. Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial, kini jaringan dibanguan dengan kabel serat optik (fiber optic) atau komunikasi tanpa kabel (nirkabel) atau Wifi (wireless fidelity)
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika Serikat dari proyek pengembangan komputer Model I laboratorium Bell dan juga dari group riset Harvard university yang dipimpin Professor Howard Aiken. Pada tahun 1950-an muncul komputer besar yang disebut dengan superkomputer. Komputer ini dapat melayani beberapa terminal komputer. Pada saat ini, konsep jaringan dikenal dengan Nama TSS (Time Sharing system) dimana pada sistem jaringan ini beberapa komputer terhubung secara seri ke sebuah komputer utama (host computer).
Pada tahun 1970-an muncul sistem jaringan proses distribusi (Distributed Processing). Pada sistem jaringan ini, komputer terdiri atas komputer utama (host) yang dapat mengerjakan pekerjaan besar secara paralel dan dapat melayani beberapa komputer terminal yang tersambung secara seri di setiap komputer utama. Pada tahun 1980-an, penggunaan jaringan komputer sudah beragam dalam hal ini menangani proses bersama dan komunikasi antar komputer. Teknologi jaringan seperti ini dengan nama LAN (Local Area Network).

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 9:50 PM 1 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....