Anakciremai.Com

LAPORAN PKL JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PKL JARINGAN KOMPUTER

Laporan Praktek Kerja Lapangan atau PKL merupakan keharusan bagi Mahasiswa D3 maupun S1 Teknik Komputer Jaringan (TKJ) TI (teknik Informatika), MI (Management informatics). berikut saya posting contoh laporan pkl jaringan komputer namun karena kepanjangan akan saya bagi menjadi beberapa posting. Untuk posting kali ini akan saya berikan contoh sederhana laporan PKL jaringan Komputer (Jarkom) BAB 1 saja dulu, untuk BAB II, BAB III dan seterusnya lain waktu akan saya posting kembali laporan PKL-nya. Laporan PKL ini berjudul "Perancangan Jaringan Local Area network SMA Negeri 1 Rajagaluh"
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
SMA Negeri 1 Rajagaluh merupakan salah satu Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN), yang memiliki 24 ruang kelas dengan jumlah siswa 919 orang. Dengan banyaknya siswa tentu akan banyak pekerjaan yang harus dilakukan baik oleh kepala sekolah, guru, dan Tata Usaha (TU), misalnya data siswa, data absen siswa, data guru dan karyawan TU. Semua data siswa, data guru, data karyawan di simpan di sebuah komputer di ruang tata usaha, komputer tersebut juga digunakan untuk pengetikan. Sehingga jika ada data yang dibutuhkan oleh pihak lain misalnya kesiswaan, humas, kurikulum, OSIS, mereka harus pergi ke ruang tata usaha untuk menggandakan data tersebut menggunakan flash disk. Cara seperti ini sudah lama dilakukan sehingga banyak duplikasi data yang tidak diketahui mana data yang lama dan mana yang lebih baru. Maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah jaringan komputer dan server untuk menyimpan data induk.
Penggunaan server sebagai tempat menyimpan data dan pemasangan jaringan komputer untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan data induk adalah pilihan satu-satunya untuk mengatasi masalah data di SMA Negeri 1 Rajagaluh. Karena dengan penggunaan server maka setiap orang yang berkepentingan yang ingin mendapatkan data mereka tidak perlu pergi ke ruang tata usaha hanya untuk copy data, dan yang mereka lakukan hanya login dengan akun sendiri menggunakan komputer di ruangan kerjanya.
Dengan mengetahui pentingnya server dan jaringan komputer dengan teknoloogi yang tepat untuk menangani pengelolaan data di SMA Negeri 1 Rajagaluh maka dalam menyusun laporan praktek kerja lapangan di SMA Negeri 1 Rajagaluh penulis mengambil judul Perancangan Jaringan Local Area Network (LAN) pada SMA Negeri 1 Rajagaluh.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam Praktek Kerja Lapangan ini adalah:
1. Bagaimana topologi jaringan Local Area Network (LAN) yang di gunakan SMA Negeri 1 Rajagaluh?
2. Apakah hardware dan software jaringan komputer yang digunakan di SMA Negeri 1 Rajagaluh?
3. Teknologi apa yang tepat untuk menangani jaringan komputer di SMAN 1 Rajagaluh?

1.3 Tujuan
Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan di SMA Negeri 1 Rajagaluh ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui topologi jaringan Local Area Network (LAN) yang digunakan SMA Negeri 1 Rajagaluh.
- Untuk mengetahui apa saja hardware dan software jaringan komputer yang digunakan di SMA Negeri 1 Rajagaluh.
- Memberikan alternatif pengembangan jaringan Local Area Network (LAN) dalam bentuk skema dengan teknologi yang tepat.
- Sebagai materi evaluasi belajar di bidang akademik untuk perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan sehingga dapat menunjang untuk kebutuhan lapangan kerja.

1.4 Manfaat PKL
a) Bagi Penulis
- Melatih disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
- Mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja pada suatu instansi untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan mengetahui jaringan Komputer Local Area Network (LAN) SMA Negeri 1 Rajagaluh.
- Untuk mencari dan mengetahui masalah-masalah yang berkaitan dengan Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) SMA Negeri 1 Rajagaluh
- Menerapkan teori yang diberikan di perkuliahan dengan melaksanakan praktik langsung ke lapangan.

b) Bagi SMA Negeri 1 Rajagaluh
- Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengembangkan Jaringan komputer Local Area Network (LAN) SMA Negeri 1 Rajagaluh
- Dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatasi jaringan komputer Local Area Network (LAN) SMA Negeri 1 Rajagaluh

1.5 Batasan Masalah
Laporan Praktek Kerja Lapangan yang penulis laksanakan penulis batasi hanya pada Perancangan Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) SMA Negeri 1 Rajagaluh.

1.6 Metodologi
Metodologi merupakan Metode pengumpulan data atau suatu cara mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Kerja Praktek Lapngan ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung objek dan permasalahan yang terjadi pada organisasi tempat kerja praktek, terutama yang berhubungan tentang dunia informasi.
2. Metode Interview
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan Kepala Sekolah dan Staf-Staf Sekolah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan bagian pengolahan data. Sumber yang didapat pada saat menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan adalah dengan interview kepada Bapak Badrudin, S.Sos, sebagai selaku pembimbing lapangan di sekolah SMA Negeri 1 Rajagaluh dan kepada Bapak Sanen Supriyadi, S.IP. sebagai Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Rajagaluh.

3. Metode Dokumentasi
Pengumpulan data dengan cara mengutip dan menyalin data dari buku dan sumber lainnya. Data yang didapat penulis untuk menyusun sebuah laporan praktek kerja lapangan adalah didapat dalam artikel soft copy dan hard copy baik dari tata usaha maupun dari media lain seperti website.
4. Studi Pustaka
Membaca dan mempelajari literatur buku-buku pedoman atau buku yang berkaitan dengan penelitian serta browsing ke situs-situs di internet.

1.7 Jadwal Pelaksanaan

No
Jenis Kegiatan
Bulan
Ket.
Oktober
Tahun 2010
Nopember Tahun 2010
Desember Tahun 2010
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV

1
Pengajuan PKL













2
Pelaksanaan PKL













2
Laporan PKL













3
Bimbingan I













4
Bimbingan II













5
Bimbingan III













6
Penyelesaian














Itulah contoh laporan PKL komputer tentang perancangan jaringan local area network SMA Negeri 1 Rajagaluh. bersambung ke BAB II perancangan jaringan LAN SMA Negeri 1 Rajagaluh.
Download File BAB I laporan PKL di bawah ini.

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by rahmat hidayat, Published at 6:53 AM 2 comments
Post a Comment

Google+ Followers

...