.

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER AKIBAT MEMORY RUSAK

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER AKIBAT MEMORY RUSAK



Hanya berbagi pengalaman dan sebagai catata pribadi anakciremai, tentang bagaimana cara memperbaiki komputer yang rusak dengan berbagai kondisi kerusakan.
Biasanya banyak kasus seperti berikut:
CPU (Central Processing Unit)nyala tapi di monitor tidak tampak.
CPU nyala tapi ada suara niittt panjang, berulang-ulang
CPU nyala saat booting dan mau masuk windows restart lagi.
CPU nyala saat booting diam saja macet/hang.
Monitor saat booting ada tampilan Dos atau Bios namun saat masuk windows lampu monitor berkedip.
dan masih banyak lagi, silahkan anda comment di bawah saja. namun pada intinya memperbaiki komputer itu gampang-gampang susah. untuk pemula langkah-langkah awal untuk memperbaiki komputer sebagai berikut:
Tapi sebelumnya perhatikan dalam pengecekan hardware komputer yang rusak tahapnya adalah, memory, VGA, Power Supply, Moterboard, Processor, hardisk, CD Room.

Memory.
Dalam memperbaiki komputer yang pertama kali di cek dan di buka adalah memory, cek kondisinya masih bagus atau tidak, cek jenis memorynya misalnya SDRAM, DDR, DDR II, DDR III, ukuran memorynya misalnya 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, cek juga PC memory-nya misalnya PC 100, PC 133, PC 5400, PC 7200, dan lain sebagainya. Untuk anda yang ingin menjadi seorang teknisi anda harus memiliki beberapa cadangan memory dari berbagai jenis dan berbagai tipe,  

Kerusakan akibat memory:
  • CPU nyala tapi di layar monitor tidak ada tampilan.
  • CPU nyala bios ada booting bisa tapi saat masuk ke windows langsung restart lagi.
  • CPU mengeluarkan suara tiiit yang berulang-ulang.
  • Memory hanya kedetek setengahnya, misalnya anda memiliki memory 256 dua keping saat dipasang hanya kedetek 1 keping dengan kapasitas 256 saja yang shearusnya adalah 512. ini biasainya ketidak cocokan memory yang satu dengan memory yang lain, atau tidak cocok dengan motherboadrnya.

Cara memperbaiki memory:
Ada beberapa cara yang untuk mengecek kerusakan memory
  • Cek dulu jenis memory termasuk kedalam type memory apa, misalnya SDRAM, DDR I, DDR II, DDR III
  • Matikan komputer, Cabut memorynya, pasang kembali atau dipindah slot dan nyalakan kembali komputer anda.ini biasanya berhasil untuk kerusakan meory komputer yang ringan.
  • Jika tidak berhasil kondisi no 1 cabut memory bersihkan atau gosok pin tembaga yang berwarna kuningn dengan penghapus pensil, kemudian pasang kembali.
  • Masih juga tidak berhasil lakukan langkah ketiga yaitu dengan mengganti dengan yang memory yang baik, kalau tidak punya cadangan bisa pinjam dulu punya sahabat, Tapi sebelumnya harus pastikan dulu bahwa memory yang kita miliki rusak atau tidak, caranya pasang memory kita pada komputer lain, jika memory oke berarti kerusakan bukan pada memory.
Jika kerusakan bukan pada memory kemungkinan kerusakan ada pada VGA, untuk pengecekan VGA akan saya posting selanjutnya yaitu cara memperbaiki komputer akibat VGA rusak.

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 7:47 AM 5 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....