CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER YANG BENAR

CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER YANG BENAR

Cara Yang Benar Menghidupkan Dan Mematikan Komputer

Apakah anda pernah memperhatikan cara menyalakan radio tape untuk mendengarkan musik? Pertama-tama, anda memasang kabel listrik, setelah tersambung, anda menekan tombol eject untuk memasukkan kaset. Setelah kaset terpasang, anda tekan tombol play dan mulai mendengarkan alunan nasyid kesukaan anda. Hal-hal tersebut merupakan prosedur atau cara baku dalam menyalakan radio tape. Demikian halnya dengan komputer, untuk memulai pengoperasiannya, ada prosedur baku yang harus kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

- Pasangkan kabel ke stopkontak.
- Tekan tombol ON pada penstabil tegangan (Stabilizer), CPU, dan monitor. (jika ada)
- Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).
- Setelah proses Booting selesai, di layar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. (jika menggunakan password)
- Setelah selesai muncul desktop. Pada tahap inilah, komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain mengetahui cara yang benar untuk menghidupkan komputer, andapun harus mengetahui cara mematikannya. Cara yang benar untuk mematikan komputer adalah sebagai berikut:

- Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup.
- Pada menu Pull-down Start, klik Shutdown-OK (windows 98) atau klik Turn Off computer-Turn Off (windows XP). Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan ‘windows is shutting down’ (windows 98). Setelah itu computer akan mati dengan sendirinya.
- Tekan tombol OFF pada monitor, CPU dan penstabil tegangan.

Prosedur-prosedur tersebut, harus anda kerjakan secara berurutan. Dengan demikian komputer anda akan dapat berusia lama.




Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Anakciremai, Published at 8:59 AM 0 comments
Post a Comment

Google+ Followers