Contoh Lapsus BAB I tentang Hipertensi dalam Kehamilan

Berikut adalah contoh laporan Kasus (lapsus) tentang penyakit hipertensi dalam kehamilan. Laporan ini adalah BAB 1 saja, untuk lebih jelasnya silahkan baca.



BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Hipertensi sebagai penyulit dalam kehamilan sering ditemukan, 20% dari 2.067 kematian pada ibu Hipertensi tahun 1974-1978 disebabkan oleh penyakit Hipertensi. Dengan semakin membaiknya perawatan prenatal dan pendekatan yang rasional dalam pelaksanaan Hipertensi pada kehamilan akhir-akhir ini telah di laporkan penurunan angka kematian ibu secara nyata. Hipertensi juga merupakan penyebab penting kematian dan kesakitan berat pada perinatal.
Di Indonesia banyaknya penderita hipertensi pada ibu hamil 15 juta orang.Angka kematian ibu di kabupaten Cirebon disebabkan oleh hipertensi sebanyak 420 orang (Thn. 2002).Hipertensi ibu hamil merupakan sebab dari 40 % kasus kematian maternal di negara maju dan 15 % kasus kematian maternal di negara berkembang.
Dengan masih tingginya angka kematian ibu dan bayi sekitar menuntut tenaga kesehatan khususnya untuk berperan aktif dalam usaha menurunkannya. salah satu usaha dengan memberikan asuhan kebidananpada ibu hamil, pertolongan persalinan yang bersih dan aman, perawatan nifas yang baik, serta pencegahan komplikasi. Sedangkan penyebab utama kematian ibu khususnya di negara berkembang sebagian besar adalah penyakit obstetri langsung. Salah satunya adalah hipertensi.
Kehamilan dengan hipertensi dapat berlangsung sampai aterm tanpa gejala menjadi preeklampsia tidak murni, hanya sekitar 20 % dapat menjadi preeklampsia -eklampsia tidak murni (superimposed yang disertai gejala proteinuria, edema dan terdapat keluhan nyeri epigastrium, sakit kepala, penglihatan kabur dan mual serta muntah.
Berdasarkan data yang didapat di PKM Susukan dari jumlah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya pada periode 8 Mei – 22 Juni 2010 sebanyak 75 ibu hamil. Terdiri dari normal 50 orang (71%), dengan Hyperemesis 8 orang (7.1%), sungsang 2 orang (2,8%), anemia 10 orang (14,2%), dan dengan Hipertensi 5 orang (4,2%), Hipertensi yang terjadi pada masyarakat setempat karena faktor keturunan, pola makan, dan faktor obesitas.sehingga memerlukan penanganan yang komprehensif. Dari data tersebut penulis tertarik untuk memberikan asuhan kebidanan pada Ny. W kehamilan dengan hipertensi dengan menggunakan manajemen varney dan pendokumentasian SOAP.

1.2   Tujuan
1.2.1     Tujuan Umum
Mahasiswa   mampu   menerapkan   asuhan   kebidanan   pada   Ny.   W  Kehamilan dengan Hipetensi Di PKM Susukan Cirebon, dengan menggunakan pola pikir 7 langkah Varney dan pendokumentasian SOAP.
1.2.2    Tujuan Khusus
a.     Mahasiswa mampu melakukan pengkajian pada Ny. W dengan Hipertensi     di PKM Susukan Cirebon tahun 2010
b.     Mahasiswa mampu menentukan diagnosa kebidanan pada Ny.W dengan     Hipertensi di PKM Susukan Cirebon tahun 2010
c.     Mahasiswa mampu menegakkan diagnosa dan masalah potensial pada Ny. W dengan Hipertensi di PKM Susukan Cirebon tahun 2010.
d.    Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan akan tindakan segera atau kolaborasi pada Ny. W dengan Hipertensi di PKM Susukan Cirebon  tahun 2010.
e.     Mahasiswa mampu merencanakan tindakan asuhan kebidanan pada Ny. W PKM  Susukan Cirebon tahun 2010.
f.     Mahasiswa mampu melaksanakan semua perencanaan tindakan pada Ny.W dengan Hipertensi di PKM Susukan Cirebon tahun 2010.
g.     Mahasiswa mampu mengevaluasi yang telah dilakukan pada Ny. W dengan Hipertensi di PKM Susukan tahun 2010
1.3  Metode Penulisan
1.3.1. Studi pustaka
Yaitu mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan topik kasus yang diambil.
1.3.2. Wawancara
Yaitu untuk mendapatkan data penulis juga melakukan wawancara pada pasien dan keluarga.
1.3.3.  Observasi
 Yaitu dengan mengamati dan memeriksa secara langsung keadaan pasien.
1.3.4. Dokumentasi
Yaitu dengan cara menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari data sehingga dapat dijadikan sebagai pendukung dalam mendiagnosa data.
1.4  Sistematika Penulisan
Makalah disusun secara sistematis terdiri dari:
BAB I   Pendahuluan terdiri dari :
                        Latar belakang, Tujuan, Metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II Tinjauan Pustaka terdiri dari:
                        Konsep Medis dan Konsep Asuhan kebidanan.
BAB III  Tinjauan Kasus terdiri dari :
                         Pendokumentasian yang menggunakan sistem SOAP.
BAB IV Pembahasan terdiri dari:
Pengkajian,  Diagnosa, Identifikasi, Diagnosa  Masalah  Potensial, Identifikasi kebutuhan akan tindakan segera atau kolaborasi, perencanaan, pelaksanaan.
BAB V Penutup terdiri dari :
Kesimpulan dan Saran.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Lapsus BAB I tentang Hipertensi dalam Kehamilan"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.