Kesimpulan Koperasi sebagai Badan Usaha dan Hubungannya dengan Otonomi Daerah dalam Era Liberalisasi

Ini merupakan bab terakhir dalam Makalah Kesimpulan Koperasi sebagai Badan Usaha dan Hubungannya dengan Otonomi Daerah dalam Era Liberalisme, Bab II tentang pembahasa koperasi sebagai badan usaha silahkan baca lagi. baca juga Bab pendahuluan koperasi sebagai badan usaha dalam era liberalisme. JIka sudah dibaca sekarang kesimpulan terakhir tentang Koperasi sebagai Badan Usaha dan Hubungannya dengan Otonomi Daerah dalam Era Liberalisasi.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Badan usaha atau perusahaan adalah suatu organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan sumber-sumber daya untuk tujuan memproduksi atau menghasilkan barang-barang atau jasa untuk dijual (Dominick Salvatore, 1989).
Sebagai badan usaha yang ditujukan untuk kepentingan bersama, kesejahteraan anggota koperasi mutlak harus didahulukan karena anggota koperasi adalah elemen terpenting yang menjadi roda penggerak koperasi. Ciri utama koperasi yang membedakannya dengan badan usaha lainnya (non koperasi) adalah posisi anggota.
Prof. William F. Glueck (1984), pakar manajemen terkemuka dari University Georgia dalam bentuk Strategy Management And Business Policy, mendefinisikan tujuan perusahaan sebagai hasil terakhir yang dicari organisasi melalui eksistensi dan kopearsinya. Beraneka ragam tujuan yang berbeda-beda dikejar oleh organisasi perusahaan, seperti kesinambungan keuntungan, efesiensi, mutu produk, menjadi pemimpin paasar (market leader), dan lain-lain.
Eksistensi koperasi di Indonesia tercermin dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1) dengan penjelasannya, bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas kekeluargaan. Bangun perusahaan yang sesuai itu adalah koperasi.

DAFTAR PUSTAKA
Sitio, Arifin, 2001, KOPERASI, Teori dan Praktik, Jakarta : Erlangga,
Hendra, Halwani R., 2000, Globalisasi Ekonomi, Jakarta : PT. Pustaka Cidesindo Hoessein,
Hudiyanto, 2002, Sistem Koperasi, Ideologi dan Pengelolaan, Cetakan Pertama, UII Press,
Yogyakarta.
Infokop, 2004, Koperasi Dalam Perspektif Masa Depan, No. 24, Kementerian Koperasi
dan UKM
Suwandi, Ima, 1982, Koperasi, Organisasi Ekonomi yang Benvatak Sosial, Bhratara Karya
Aksara, Jakarta
Widjaja, HAW, 2002, Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, Cetakan Pertama, Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada Jakarta

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kesimpulan Koperasi sebagai Badan Usaha dan Hubungannya dengan Otonomi Daerah dalam Era Liberalisasi"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.