CARA MENANAM POHON JERUK PURUT, NIPIS, SANKIS, LIMO

Anakciremai
By -
15
CARA MENANAM POHON JERUK PURUT, NIPIS, SANKIS, LIMO
Cara Menanam pohon jeruk purut nipis, jeruk sankis, jeruk limo, dan lain sebagainya, bagi yang tidak tahu teknik ini mungkin membingungkan, karena sebagian mereka yang sudah menanam pohon jeruk kebanyakan setelah pohon di tanam beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian pohon jadi mati, kasus ini dijumpai akibat pohon jeruk tidak dirawat dan akhirnya terkena Virus. Virus di sini bukan virus AIDS HIV atau flu babi dan bukan juga Virus computer seperti conflicker, kangen, atau brontoks, atau virus HP nokia seperti Guardian. Tapi ini adalah virus yang menyerang pohon jeruk yang bisa mengakibatkan pohon menjadi kering dan akhirnya mati deh..
Berikut adalah langkah cara menanam pohon jeruk.
1. Baca doa dulu.
2. Siapkan Pohon jeruk bisa anda beli di tukang bibit, atau anda bisa memesan lewat toko online saya, bisa anda lihat di anakciremai.biz untuk pesan pohon jeruk klik di sini hehehe... Promosi..
3. Siapkan lahan untuk ditanami jeruk, misalnya kebun, halaman depan atau belakang rumah.

4. Atur dan ukur jarak pohon dengan luas tanah, dan jarak antar pohon 3-4 meter
5. Gali tanah ukuran lebar 1x1 meter dengan kedalaman 1 meter.
6. Masukan jerami atau daun-daunan kering kemudian bakar sampai menjadi abu. Berfungsi untuk membuang unsur hara dari tanah. Lebih bagus lubang di biarkan terbuka terkena matahari selama 1-2 minggu.
7. Masukan pasir kira-kira 10-20 cm. berfungsi untuk mempercepat akar berkembang.
8. Masukan tanah yang sudah di campur dengan dedak atau bekas penggilingan padi dan pupuk kandang. Misalnya kotoran ayam atau kotoran kambing. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pupuk NPK
9. Jika ada, setiap per-20 cm tumpukan tanah dikasih jerami. Ini berfungsi untuk mempercepat akar berkembang.
10. Tumpukan tanah harus lebih tinggi dari permukaan tanah kira-kira 20-40 cm.
11. Buka plastic/polybag hati-hati jangan sampai akar patah.
12. Sebelum dimasukan ke dalam galian, cari akar tunggal jeruk tersebut, kemudian potong sedikit menggunakan gunting atau pemotong pohon. Ini berfungsi agar akar jeruk berkembang ke samping.
13. Masukan bibit jeruk di atas galian. Dan tutup dengan tanah.
14. Buat parit/saluran air di sekitar pohon kira-kira 1 meter dari batang pohon.
15. Kemudian siram, dan berdoalah supaya tumbuh bagus.

Perawatan:
Untuk merawat pohon jeruk adalah yang paling mudah namun paling ribet dilakukan karena butuh ketelitian dan keuletan.
1. Penyiraman
Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore jika masih dalam taham pertumbuhan, jika sudah tumbuh bisa dilakukan 1-3 hari sekali.
Saat menyiram pohon, air JANGAN terkena batang pohon, siramlah tanah di sekitar batang saja.

2. Pemupukan
Lakukan pemukukan saat pohon berumur di atas 5 bulan dan setelah itu lakukan setiap 3-4 bulan sekali, dengan menggunakan pupuk Urea, KCL, dan TSP. lebih bagus jika menggunakan pupuk organic.

3. Saat buah pertama.
Saat pohon jeruk pertama kali berbuah, kira-kira sebesar ibu jari lakukan pembuangan dengan perbandingan 1:3 maksudnya jika buah jeruk dalam satu batang terdapat 10 biji maka yang dibuang adalah 7 dan dibiarkan besar adalah 3 buah. Ini berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan berikutnya. Saat membuang buah jangan menggunakan tangan atau dipetik tapi gunakan alat pemotong ranting. Potonglah pada rantingnya.

4. Perawatan batang pohon,
Ini yang paling penting dari merawat jeruk. Jaga dan bersihkan batang pohon paling bawah jangan sampai terkena air atau semut. Dengan cara melapnya dengan kain berbahan kaos yang basah, gosok sampai batang pohon benar-bener bersih, tapi jangan sampai warna kulit dalam pohon yang berwarna hijau tergores.
Hindari pohon dari serbuan semut atau serangga lainnya. Ini berfungsi untuk menghindari gangguan dari virus yang bisa membuat pohon jeruk jadi kering dan mati.

5. Memotong ranting
Saat memotong ranting jangan sekali-kali menggunakan tangan atau alat yang bisa membuat jeruk terluka. Gunakan pemotong batang pohon agar batang pohon tidak infeksi.
Lakukan pemotong dengan cara memotong tegak lurus vertical dan berbentuk lancip, intinya jangan sampai saat hujan air hujan mengendap pada dahan bekas potongan yang bisa mengakibatkan batang jeruk infeksi.

Mungkin itu trik sederhana cara menanam jeruk nipis, limo, sankis, atau jeruk lainnya. Semoga bermanfaat, jika sudah berbuah jangan lupa kirim ke anakciremai ya hehe….
Sekalian promosi nih barangkali butuh pohon jeruk atau bibit tanaman lainnya misalnya durian montong, rambutan, nangka, mangga, jambu bol, lengkeng, dan tanaman buah-buahan lainnya bisa memesan lewat saya, kebetulan kakak saya adalah petani dan penjual bibit buah-buahan yang sudah biasa ngirim dan menanam bibit-bibitan kemana-mana misalnya Kalimantan, Sumatera, Banten, Bengkulu, Bogor, dan Jakarta misalnya proyek lahan parkir di sebuah Mall yang mengunakan tanaman buah-buahan sebagai tempat berteduh.
Satu lagi, jika anda males atau sibuk dengan pekerjaan tetapi punya lahan atau kebun yang luas tetapi nganggur saja, bisa anda konsultasi dengan kami untuk pemanfaatan lahan misalnya kebun anda dibuat menjadi lahan kebun lengkeng. Atau lahan kebun mangga. kami akan melakukannya dengan jaminan atau garansi pohon sampai tumbuh Silahkan berkunjung ke anakciremai toko online di anakciremai.biz atau anda bisa kirim email ke anakciremai{et}yahoo dot com atau telepon aja.
Masalah harga tenang masih bisa DAMAI... PISS jadi call ajja

Maaf jika toko online tidak bisa diakses atau kurang lengkap. Toko Online Hanya sebagai media saja, ntuk lebih jelasnya hanya dengan negosiasi lewat telepon. thx

Posting Komentar

15Komentar

  1. Alhamdulillah dapat ilmu berkebun di sini

    BalasHapus
  2. Boleh juga tuh ilmunya, belajar di mana mas? Tq ya, ilmu yg bermanfaat...

    BalasHapus
  3. Ach. Maulana: Dari kakak sendiri, maklum anak kampung jadi sedikit besarnya tahu cara menanam atau bertani...

    BalasHapus
  4. Hmmm... Bagus tu kang nambah pengalaman.

    BalasHapus
  5. Thank sharenya

    salam kenal mas.

    BalasHapus
  6. mau nanya kalo dari pohon jeruk nipis yang sudah ada bisa ga mendapat bibit baru misalnya di cangkok atau gmn? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. Sangat informatif sekali mas. Ijin kopas ya, dengan sumber dari sini. soalnya mau saya praktekkan langsung.

    thanks

    BalasHapus
  8. Salam kenal pak,,,
    Saya memiliki lahan seluas 5HA, tetapi saya belum tau mau menanami apa kalau rencana saya pengennya bertanam sawit tetapi,modalnya gak kuat, lalu bagaimana dengan bertanam jeruk nipis? apa memerlukan dana besar juga?
    Lokasi tanah saya di daerah aceh/subulussalam dan kalu hujan airnya tergenang alias banjir.
    Menurut bapak apakah ditanah saya cocok untuk bertanam jeruk nipis??????????

    BalasHapus
  9. Salam kenal kembali pak mashuri, untuk tanaman jeruk nipis biaya tidak terlalu besar, lebih ringan dari sawit.
    masalahnya tanah di bapak tergenang air sedangkan jeruk jangan sampai batang pohon terendam air, akarnya bisa kena infeksi. kalau bisa dibuat aliran air. biar air tidak menggenang.
    intinya kondisi tanah di sekitar pohon jeruk harus lembab tapi tidak becek, jadangan ada genangan air.
    Mungkin alternatif lain bisa menanam pohon jati unggul nasional pak, yang 5-10 tahun bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  10. Untuk tanah yg sering banjir gak bagus ditanami jeruk enaknya dibuat kolam ikan aja mas

    BalasHapus
  11. Salam dr aq org purworejo aq juga petani jeruk sekarang lg berbuah dah mulai tak cagak ,anakciremai org mana ya sapa tau aq bs main tukar pengalaman.

    BalasHapus
  12. Salam kembali mas sugi, saya orang Majalengka jawa barat mas. Kalau mau mampir silahkan, sekalian bagi juga ilmunya buat anakciremai.

    BalasHapus
  13. Mksh bnyk atas penjelasannya...

    BalasHapus
  14. salam dari aku joy, . .mhn petunjuk pak, digawangan kebun sawit apakah cocok dilakukan penanaman jeruk nipis pak? trimakasih

    BalasHapus
  15. Salam kenal kembali mas Joy, masalah cocok atau tidak belum dipastikan, belum perah coba, di coba saja mas. nanti hasilnya comment di sini yah.

    BalasHapus
Posting Komentar