MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG REAKSI DAN POLA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Anakciremai
By -
0
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan merupakan perubahan ke arah kemajuan menuju terwujudnya hakekat manusia yang bermartabat atau berkualitas. Usia lahir sampai dengan pra sekolah merupakan masa keemasan sekaligus dengan masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya, masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakan dasar-dasar pengembangan fisik, bahasa, sosial, emosional, moral dan nilai-nilai agama, kognitif dan seni.
Keterampilan sosial-emosional pada anal usia dini akan menjadi pondasi bagi anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, peduli kepada orang lain, dan produktif.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
• Bagaimana reaksi dan pola emosional yang terjadi pada masa bayi?
• Bagaimana perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak usia pra sekolah

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian perkembangan sosial emosional pada anak usia pra sekolah adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik sosial emosional yang sering terjadi pada anak usia pra sekolah. Dengan memahami reaksi dan pola sosial emosional anak usia pra sekolah diharapkan kita bisa mengatasi masalah yang menghambat perkembangan anak. Dengan ini anak dapat berkembang dengan normal dan dapat menyongsong kehidupan yang akan datang dengan kesiapan.


1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian perkembangan sosial emosional pada anak usia pra sekolah, khususnya bagi saya dan umumnya bagi rekan- rekan supaya dapat mengenal dan memahami perkembangan sosial emosional anak usia dini atau pra sekolah untuk bekal menjalankan profesi sebagai pendidik PAUD.

1.5 Metode Penelitian
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka, studi pustaka bertujuan untuk mencari beberapa literatur yang berkaitan dengan penelitian ini kemudian yang kemudian penulis gunakan sebagai bahan perlengkapan teoritis yang berkaitan dengan masalah yang diteliti

file lengkap bisa di BAB I SAMAPI BAB III downdload di sini.







Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)