CONTOH ABSTRAKSI SKRIPSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Anakciremai
By -
2
ABSTRAKSI


JAENUDIN : Peranan Ulama dan Umaro dalam Menyelenggarakan Madrasah Diniyah dan Pengaruhnya terhadap Syiar Islam di Desa Waringin Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka

Dalam mengajarkan pendidikan agama Islam berusaha dengan berbagai cara yang dapat menarik hati masyarakat, terutama dalam kehidupan sehari-hari ulama dan umaro harus aktif dan kreatif untuk meningkatkan minat masyarakat agar tidak membosankan dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, maka ulama dan umaro memilih cara yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata tentang peranan ulama dan umaro dalam menyelenggarakan madrasah diniyah, dan pengaruhnya terhadap syi’ar Islam, untuk mengetahui korelasi peranan ulama dan umaro dalam menyelenggarakan madrasah diniyah, dan pengaruhnya terhadap syi’ar Islam di desa Waringin Kecamatan Palasah.

Penelitian ini bermula dari pemikiran bahwa keberhasilan ulama dan umaro dalam menyelenggarakan madrasah diniyah, secara garis besar ditunjang dengan dukungan masyarakat, sarana prasarana, guru maka ulama dan umaro dalam mensyi’arkan Islam dapat meningkatkan keagamaan dalam masyarakat.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripsi, karena dengan metode ini penulis bisa menghubungkan dua variable melalui studi dokumentasi sebagai bahan landasan teorinya, observasi, wawancara dan angket.
Setelah data terkumpul, sesuai dengan data yang dibuthkan, selanjutnya penulis melakukan pengolahan data dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2), yaitu kemudian menghitung koefisien korelasi dengan menggunakan produk momen dengan rumus: .
Dari hasil pengolahan data itu, terbukti hasil penghitungan korelasinya yaitu antara (0,70 - 0,90) artinya korelasi tinggi. Sedangkan (r) yaitu 46%, peranannya tinggi. Dengan demikian semakin positif peranan ulama dan umaro dalam menyelenggarakan madrasah diniyah, maka semakin baiklah syi’ar Islam yang dicapainya.

Posting Komentar

2Komentar

  1. Ada bisnis guampang nih bos, tapi ini hanya untuk yang berpage rank 2 ke atas, silahkan aja mamapir dan baca !!

    BalasHapus
Posting Komentar