Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar. RPP paling, luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang meliputi 1 (satu) atau beberapa indikator, untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Berdasarkan Permendiknas No 41 Tahun 2007 tertanggal 23 Nopember 2007 tentang, Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, bahwa pengembangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan, belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD) (BSNP, 2007).

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau, lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan, penjadwalan pelajaran di satuan pendidikan.

Prinsip‐prinsip penyusunan RPP hendaknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. perbedaan individu, peserta didik, 
  2. mendorong partisipasi aktif peserta didik, 
  3. mengembangkan budaya, membaca dan menulis, 
  4. memberikan umpan balik dan tindak lanjut, 
  5. keterkaitan dan, keterpaduan, dan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Anakciremai - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger