Pengertian Ketuban Pecah Dini

Pengertian atau definsi Ketuban pecah dini menurut beberapa sumber buku yang anakciremai ambil, Tetapi sebelumnya baca dahulu pengertian persalinan, supaya lebih afdol belajar jadi bidan-nya.

Ketuban pecah dini adalah keluarnya cairan berupa air-air dari vagina setelah kehamilan 22 minggu sebelum persalinan berlangsung. Pecahnya selaput ketuban dapat terjadi pada kehamilan preterm sebelum 37 minggu maupun kehamilan aterm. (Prawirohardjo, 2002).
Itu menurut Prawirohardjo dalam bukunya, selajutnya menurut Winkjosastro dalam bukunya yang diterbitkan tahun 2002. Yang mengatakan:

Ketuban Pecah Dini adalah ketuban dinyatakan pecah dini bila terjadi sebelum proses persalinan berlangsung. (Winkjosastro, 2002:218).
Penuturan lain juga disampaikan oleh Rustam yang menjelaskan bahwa:
Ketuban Pecah Dini atau PROM (Premature Ruptrure Of The Membrane) adalah pecahnya ketuban sebelum inpartu, yaitu pembukan pada primipara kurang dari 3cm dan pada multipara kurang dari 5cm. (Rustam, 2002).

Sedangkan penjelasan menurut Manuaba bahwa ketuban pecah dini adalah:
Ketuban Pecah Dini adalah pecahnya ketuban sebelum terdapat tanda-tanda persalinan dan ditunggu satu jam sebelum dimulainya tanda persalinan. (Manuaba, 2001: 229).

Ketuban pecah dini adalah pecahnya selaput ketuban sebelum ada tanda-tanda persalinan. (Diktat Askeb, 2010).
Masih banyak lagi tentang kebidanan ini yang harus di posting, namun santai saja, anakciremai akan coba posting tentang ilmu kebidanan. Itu saja pengertian ketuban pecah dini, lain waktu kita bahasa masalah kebidanan yang lebih seru.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Ketuban Pecah Dini"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.