Kesimpulan HAM Dalam Tinjauan Politik

Berikut merupakan kelanjutan dari BAB I  dan BAB II Makalah HAM dalam Tinjauan Politik,

BAB III
PENUTUP

KesimpulanBerdasarkan pembahasan diatas maka penulis menarik beberapa kesimpulan, diantaranya:
  1. HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan kebaradaan manusia sebagai makhluk Tuhan YME dan merupakan anugerahNya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.
  2. Politik adalah siasat/cara atau taktik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  3. Politik dan HAM sangat erat kaitannya, hal ini bisa dilihat dari sistem politik yang dianut suatu negara akan sangat mempengaruhi bagaimana perkembangan HAM di negara tersebut.
  4. Pernah terjadi kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang penuh dengan muatan politik, contohnya kerusuhan yang terjadi pada Mei 1998 da kasus mantan Gubernur di Timor-Timur.

Saran
Besar harapan penulis semoga tidak terjadi lagi pelanggaran-pelanggaran HAM yang diwarnai dengan kepentingan politik dan berujung pada anarkisme. Penulis berharap semoga hukum di indonesia semakin menjunjung tinggi HAM agar terciptanya persatuan dan perdamaian di negeri ini. Selain itu pemerintah diharapkan lebih menigkatkan rasa kepedulianya terhadap HAM dan tidak mementingkan kepentingan politiknya dan mengabaikan HAM itu sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kesimpulan HAM Dalam Tinjauan Politik"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.