MAKALAH HAM DALAM TINJAUAN POLITIK

Penyusun : Ratih R
Kampus : UPI Bandung
Update: 2012

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
HAM dan Politik merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Banyak terjadi kasus pelanggaran HAM yang bermuatan unsur politik. Namun untuk melihat hubungan dari keduanya tidak hanya dilihat dari kasus pelanggaran HAM saja, karena korelasi antara keduanya dapat dilihat pula dari sejauh mana HAM dapat mempengaruhi politik dalam rangka untuk mendapat tujuan tertentu dan begitu pula sebaliknya dalam berpolitik haruslah memperhatikan rambu-rambu HAM.
Di Indonesia sendiri pernah terjadi kasus pelanggaran HAM yang penuh dengan muatan politik, hal ini disebabkan oleh arogansi rezim pemerintahan orde baru yang melarang dan mengekang kebebasan berpendapat, hal itu sangat tidak sesuai dengan konsep demokrasi yang dianut oleh republik ini.
Banyaknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak boleh dikritisi seakan menunjukan betapa otoriternya rezim pemerintahan orde baru yang pada saat itu tidak mempedulikan sendi-sendi hak asasi manusia untuk bebas berpendapat. Hal tersebut kemudian memicu krisis politik yang terjadi di republik ini hingga  trisakti merupakan salah satu peristiwa yang diduga melanggar hak asasi manusia.
Kasus trisakti dipicu oleh ketidakpuasan mahasiswa terhadap kebijakan pemerintah. Kemudian mahasiswa melakukan demonstrasi dengan turun ke jalan yang kemudian memicu respon yang berlebihan dari para aparat keamanan. Banyak mahasiswa yang menjadi korban kekerasan aparat keamanan pada saat itu. Hal itulah yang kemudian dinilai melanggar hak asasi manusia.
Namun, kepedulian pemerintah pada HAM pada saat itu dinilai sangat kurang, terbukti sampai sekarang belum adanya kejelasan mengenai penyelesaian kasus trisakti tersebut.
Berdasarkan pertimbangan faktor-faktor tersebut, maka telah mendorong penulis untuk dapat mengkaji makalah dengan judul: “HAM DALAM TINJAUAN POLITIK”.
B.    Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah diuraikan di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa sub-masalah meliputi:
1.    Apa yang dimaksud dengan HAM?
2.    Apa yang dimaksud dengan politik?
3.    Bagaimana hubungan antara HAM dan politik?
4.    Apa saja kasus pelanggaran HAM yang bermuatan politik di Indonesia?
C.    Tujuan penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan tentang:
1.    Pengertian HAM
2.    Pengertian politik
3.    Hubungan antara HAM dan politik
4.    Kasus pelanggaran HAM yang bermuatan politik Indonesia

Next BAB II tentang Pembahasan HAM dalam Tinjaun Politik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MAKALAH HAM DALAM TINJAUAN POLITIK"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.