Tips Kuliah Jurusan Komputer

Banyak universitas negeri atau swasta seperti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK), Akademik Manajemen Informatika Kompiter (AMIK), STIKOM, yang menyediakan jurusan komputer. Namun secara garis besar jurusan komputer di Indonesia dibagi atas 3 bagian yaitu:
  1. Computer Science yaitu program studi untuk jurusan Teknik Informatika (TI) atau Ilmu Komputer (IK)
  2. Computer Engineering yaitu program studi untuk jurusan Sistem Komputer (SK) atau Teknik Komputer (TK)
  3. Information System yaitu progam studi untuk Sistem Informasi (SI) atau Manajemen Informatika (MI).

Namun sekarang banyak universitas, STMIK, AMIK, yang menyediakan sub jurusan komputer sesuai disiplin ilmu yang dikhususkan, misalnya bidang ilmu jaringan maka jurusan komputernya Teknik Komputer Jaringan (TKJ), bidang ilmu pemograman game maka jurusan mobile game, jurusan desain grafis, ada juga jurusan akuntansi, dan lain-lain,

Dari ketiga pembagian jurusan komputer di atas manakah jurusan kuliah komputer yang cocok untuk anda?. Pertanyaan ini sangatlah sulit untuk di jawab oleh orang lain, yang bisa menjawab pertanyaan itu adalah anda sendiri.

Tips Kuliah jurusan komputer:
Tips memilih jurusan komputer bisa anda coba dengan cara tanyakan pada diri anda sendiri, dengan pertanyaan; anda menyukai komputer di bidang apa?. misalnya: akuntansi, office, design grafis, pemograman, jaringan, web programing, mobile programing, blogging, SEO, internet marketing, hardware, atau yang lainnya.

Untuk lebih mudah mengenal kemampuan pada diri anda sendiri, cara yang paling mudah adalah dengan mengenal hoby anda belajar komputer, dengan mengenal hoby komputer anda maka jurusan komputer yang anda pilih sebaiknya sesuai dengan hobby anda tersebut.
Misalnya anda hoby design graphics maka masuklah ke jurusan ilmu komputer dengan konsentrasi desain grafis. Jika anda sukanya pasang kabel jaringan, saya sarankan anda masuk ke jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Jadi kesimpulannya anda tidak usah pusing dengan memilih jurusan komputer, pilihlah jurusan komputer sesuai dengan hoby anda, jangan memilih jurusan yang tidak sesuai dengan hoby, karena dikhawatirkan anda akan menyesal dikemudian hari.

Asahlah kemampuan komputer anda bisa mengasah kemampuan anda secara otodidak, kursus, baik kursus secara offline maupun kursus online, karena dengan skill yang bagus, peluang kerja setelah lulus kuliah juga akan bagus.

Belajar komputer di kampus tidak bisa menjamin anda bisa, itu sudah dialami oleh saya sendiri (pdahala lum lulus ^_^, bahkan teman saya yang lulusan D3 dan S1 komputer, pada saat saya coba tes kemampuan komputer mereka dengan cara membuat daftar isi di microsoft word, hasilnya mereka tidak bisa,

Perlu diketahui juga jika anda melamar kerja biasanya lulusan sarjana komputer atau akademik komputer pasti akan di tes kemampuan komputer anda, jadi siapkan skill kemampuan anda dalam bidang komputer, saya sarankan kuasai salah satu bidang komputer yang anda sukai, dan kuasai juga salah satu software yang menjadi andalah keahlian anda.

Pesan juga buat anda jangan pernah ikut-ikutan teman masuk ke jurusan mereka, ini dikhawatirkan anda akan terseret-seret dalam hal skill komputer anda. Jadi, "Nikmati Hobby anda dengan masuk ke jurusan komputer yang sesuai dengan kesenangan hati anda".

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 Anakciremai - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger