PROPOSAL PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA SERVICE KENDARAAN MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6

Posted On // 1 comment
Draft: Contoh Laporan Tugas Akhir Skripsi berjudul "PROPOSAL PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA SERVICE KENDARAAN MOTOR RODA DUA DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6 (Study Kasus di Bengkel AHASS ADIRA MOTOR Majalengka)"

1.1 Latar Belakang Masalah
Dari tahun ketahun pengetahuan dan teknologi semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat. Seiring  dengan berkembangnya teknologi tersebut, manusiapun terus berusahan untuk meningkatkan kreatifitas dan aktifitasnya. Dengan mengunakan alat yang begitu canggih yang disebut dengan teknologi komputer. Dengan kecanggihan teknologi pada abad ini pekerjaan yang ingin diselesaikan oleh manusia dengan mudah dan semua bisa diatasi dengan bantuan komputer.
Di zaman sekarang ini manusia dituntut untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Hal ini tidak akan tercapai bila tidak didukung dengan adanya informasi yang memadai dan akurat, sebab informasi memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu organisasi. Perkembangan informasi yang sangat pesat ini didukung oleh suatu teknologi pendukung sistem informasi, yaitu IT (Information Technology) atau diartikan sebagai teknologi informasi. Perkembangan teknologi ini mampu mendobrak batas ruang dan waktu, artinya informasi bisa didapat oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja, sehingga perubahan informasi dapat berlangsung dengan sangat pesat.
Perkembangan teknologi dibidang informasi ini telah memasuki berbagai bidang, sehingga banyak perusahaan baik milik pemerintah maupun milik swasta yang berusaha untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Salah satunya adalah PT. Daya Anugerah Mandiri.
pimpinan dalam suatu organisasi atau instansi. Informasi membantu suatu instansi, perusahaan ataupun usaha kecil sekalipun dalam mengolah data. Suatu sistem pengolahan data menjadi informasi yang dikembangkan dan dipaparkan ke dalam informasi yang cepat dan tepat.,sebagai mana kita ketahui bahwa  dijaman sekarang Motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di kabupaten Majalengka. Dengan itu untuk mempermudah cara kerja yang cepat dan memuaskan pelanggan di daeler honda adira motor Majalengka di perlukan sistem yang harus dikembangkan  misalnya daftar harga Suku Cadang,yang terdapat di PT Daya Anugerah Mandir, laporan data pengeluaran dan pemasukan, absensi pegawai dan view database. Sistem  itu diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh PT Daya Anugerah Mandiri.Masalah yang dihadapi disini adalah bagaimana Aplikasi yang dikehendaki dengan berbasis Objek.
Perancangan Aplikasi yang diinginkan dalam sistem ini adalah aplikasi yang mampu mengelola kegiatan perhari secara cepat dan tepat. Aplikasi ini dirancang untuk dapat mempermudah dalam memperoleh informasi mengenai cara kerja mempercepat laporan servis kendaraan kepada konsumen, Hal-Hal mengenai harga suku cadang yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan Implementasi perangkat lunak menngunakan Visual Basic 6.0.

1.2 Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek
tujuan dari kerja praktek ini adalah :
1.  Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan matakuliah ,kerja praktek pada prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Majalengka (UNMA).
2. Memperluas wawasan umum penyusun tentang orientasi pengembangan teknologi di masa yang akan datang sehingga diharapkan dapat menyadari realitas yang ada antara teori yang di berikan di bangku kuliah dengan tugas yang di hadapi di lapangan.
3. Dapat membuat Aplikasi sederhana yang dapat diaplikasikan di PT. Daya Anugerah Mandiri.

Adapun Manfaat dari kerja praktek ini adalah :
1) Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisis suatu sistem kerja.
2) Dapat meningkatkan wawasan penyusun terhadap kondisi nyata dan dapat menambah kemampuan serta keyakinan akan teori yang diperoleh dari perkuliahan.
3) Tercipta pola kemitraan yang baik dengan PT. Daya Anugerah Mandiri, tempat penyusun melaksanakan Kerja Praktek mengenai berbagai persoalan yang muncul untuk kemudian di cari solusi bersama yang lebih baik.
4) Dapat memberikan kemudahan Perusahaan dalam menjalankan cara kejanya secara tepat dan cepat.


1.3 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses analisis dan pengembangan sistem. Ada pun metode yang di gunakan pada penelitian Kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
a. Interview
Dalam pencarian data di PT. Daya Anugerah Mandiri , melakukan tanya jawab langsung dengan pihak yang berkaitan dengan objek penelitian.

b. Dokumentasi
Mendapatkan dokumen-dokumen berupa data bagaimana cara kerja di PT. Daya Anugrah Mandiri yang digunakan untuk diolah sebagai objek perancangan sistem pengolahan data Servis Kendaraan Di PT. Daya Anugerah Mandiri.

1.4 Waktu dan Tempat Kerja Praktek
1.4.1 Waktu Pelaksanaan
1 Analisis Data dari PT DAM
2 Penyusunan Proposal
3 UJI KUALITAS

1.4.2 Tempat Pelaksanaan
a. Analisis dan pengumpulan data dilaksanakan di PT DAM.
b. Kerja praktek dilaksanakan di PT DAYA ANUGERAH MANDIRI  Di  Jln.Kh.Abdul halim No.22.


1.5 Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka proposal ini disusun dengan rumusan masalah :
1. Mengapa perlu dibangun Aplikasi
2. Apakah Aplikasi system servis kendaraan  ini dapat meningkatan efisiensi kerja, waktu dan sumber daya manusia.
3. Apakah Aplikasi servis kendaraan ini dapat mengakomodasi kebutuhan pegawai  dan konsumen dalam mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan jelas.

1.6 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam proposal Uji Kualitas  ini adalah sebagai berikut :
1. Perangkat Lunak yang dibangun disini adalah database perhari dan persediaan stock barang.
2. Sistem dapat berjalan dan bekerja setiap hari
3. Sistem memberikan suatu view report pencatatan atau log secara harian, bulanan, dan tahunan tentang data.
4. Sistem hanya akan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan data dan daftar kehadiran pegawai, dan tidak melakukan pengaturan terhadap penentuan waktu kedatangan dan kepulangan pegawai.
5. Pendeteksian absensi pada aplikasi ini terbatas pada metode dan teknologi yang digunakan dan tidak menggunakan teknologi pendeteksian yang lain seperti fingerprint scan atau yang lainnya.
6. Sistem yang dikembangkan menggunakan Visual Basic 6.0.

1.7 Metodologi pengembangan Sistem
Metode yang digunakan oleh penyusun yaitu paradigma waterfall, karena begitu sistematis sehingga tidak membingungkan dalam urutan proses pembuatan perangkat lunak.
Adapun penjelasan dari paradigma di atas adalah sebagai berikut :
1. Rekayasa sistem
Sistem absensi pegawai  merupakan sistem yang bertujuan untuk mengelola absensi pegawai. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat menangani masalah di PT Daya Anugerah Mandiri dalam mengelola Konsumen yang mau melakukan sevis kendaraan nya.

2. Analisis kasus
Masalah yang diangkat sebagai bahan pembuatan Uji Kualitas ini  adalah bagaimana membuat sistem informasi Servis kendaraan yang dapat menggantikan sistem yang telah ada namun masih berjalan secara manual. Karena Aplikasi ini mengalami kesulitan dalam mengolah data informasi dan cara kerja pun lebih efisien, sehingga mengakibatkan semakin banyaknya hardcopy arsip dan menyulitkan untuk merekap dan melakukan pendataan ulang data dan daftar Harga Suku cadang kendaraan  yang telah berlangsung lama.

3. Perancangan program
Dalam tahap ini penyusun melakukan kegiatan diantaranya merancang tipe data, aliran data, serta perancangan tampilan Aplikasi yang akan dibuat..

4. Pengkodean
Dalam pembuatan Aplikasi Sistem servis kendaraan ini penyusun memutuskan untuk memilih Visual Basic sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang perangkat lunak tersebut.

5. Pengujian
Apakah Aplikasi tersebut mampu menjawab kasus-kasus yang telah dianalisa sebelumnya? Sesuaikah Aplikasi yang dihasilkan dengan keinginan user? Apakah Aplikasi tersebut dapat menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan oleh user?

6. Pemeliharaan
Perangkat lunak yang telah dibuat akan mengalami perubahan setelah diserahkan ke pemakai. Perubahan itu akan  terjadi terhadap keseluruhan aplikasi atau sebagian, tergantung tingkat kebutuhan. Perubahan tersebut dilakukan sesuai dengan perubahan-perubahan yang ada.

1.8 Sistematika Penulisan
Penulisan Laporan Kerja Praktek disusun dengan Sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, tujuan, metode pengumpulan data, waktu dan tempat kerja praktek, perumusan dan batasan masalah, metode pengembangan sistem dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN ORGANISASI
Uraian mengenai sejarah singkat, struktur organisasi.
BAB III    ANALISIS SISTEM
Menjelaskan secara rinci system yang sedang berjalan, mengidentifikasi dan mendefinisikan informasi yang penting dan menjelaskan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam perancangan sistem baru.
BAB IV    PERANCANGAN SISTEM
Mengenai deskripsi lengkap terhadap lingkungan user mendefinisikan secara rinci perancangan global, perancangan prosedur, perancangan kode, perancangan basis data, dan perancangan rinci.
BAB V     PENERAPAN DAN PERAWATAN
Bab ini merupakan tahapan akhir yang dilakukan setelah sistem yang diusulkan dibuat dan diajukan untuk digunakan. Dalam bab ini meliputi beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menerapkan dan merawat sistem baru dan juga meliputi keterangan spesifikasi perangkat keras yang digunakan dan piranti lunaknya dan yang berkaitan dengan kebutuhan penerapan sistem baru.
BAB VI    KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran dari seluruh hasil penyusunan laporan Uji Kualitas  ini.
    
Post a Comment