Cara Memilih Jurusan Yang Tepat

Sebentar lagi Ujian Nasional di depan mata, namun bagi anda siswa-siswi SMA/SMK yang mau lulus sebaiknya mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Tapi kalau Anakciremai bilang sih Ujian Nasional tidak perlu ditakutkan, karena toh biarpun ada ujian nasional tetap aja cara pengerjaannya dibantu oleh oknum guru dan team sukses ujian nasional, yaitu dengan memberikan jawaban melalui SMS atau kerjasama dengan para pengawas untuk memberikan jawabannya.

Oh iya sudah rahasia umum oknum Tim sukses ujian nasional ini biasanya sudah ada dari atasnya misalnya dari Oknum dinas pendidikan kabupaten dan oknum dinas pendidikan provinsi. Ya kalau secara logikanya gampang saja, dinas pendidikan yang tidak mensukseskan ujian nasional dengan keberhasilan minimal 99,99% akan berdampak negatif pada provinsinya, jadi kalau di suatu provinsi banyak yang tidak lulus, maka provinsi tersebut sudah GAGAL mendidik anak-anak SMP/SMA/SMK, sebaliknya jika dalam ujian nasional tersebut semuanya lulus, berarti provinsi tersebut akan dianggap berhasil dalam memajukan pendidikan, walau sebenarnya dibelakang layar banyak cara-cara yang tidak benar dilakukan oleh para oknum tersebut. Malu dunk gubernur dan bupati kalau banyak anak SMP dan SMA yang tidak lulus, bener gag? hee... (negatif thinking wae anakciremai mah hiiii....).

Itulah budaya Indonesia yang negatif dalam bidang pendidikan, jangan ditiru ya,, nanti kalau ujian nasional kerjakan sesuai kemampuan anda karena dengan begitu anda akan bangga dengan hasil ujian nasional tersebut. Jangan percaya SMS dari teman, kalau sudah mentok baru gunakan SMS kirimannya. (he... sama aja ngajarin yang ga bener.. hiii). Tapi tidak usah dibahas gimana cara agar bisa lulus dari SMA atau SMK anda pokonya yang penting anda lulus. Titik. Tapi setelah lulus ujian nasional jangan senang dulu karena perjuangan baru dimulai, mungkin diantara anda ada yang mau kerja, kuliah, atau nikah. Namun anakciremai sarankan agar anda memaksakan diri untuk kuliah.

Karena pendidikan sangatlah penting untuk membangun anda menjadi lebih baik, jadi usahakan jangan kerja dulu, usahakan anda KULIAH dulu. Anakciremai sarankan anda HARUS KULIAH, TITIK. apalagi anda seorang laki-laki, Tidak ada alasan karena tidak ada biaya, tidak ada alasan tidak ada yang dukung, tidak ada alasan jauh dari orang tua, tidak ada alasan apapun untuk pendidikan. biaya masih bisa dicari dukungan bisa dilakukan oleh diri sendiri, berjuanglah untuk diri sendiri, jangan mikirin orang lain, pikirkan diri sendiri, sukseskan diri sendiri tanpa bantuan orang lain, belajarlah mandiri untuk diri sendiri.

Ayo berjuang, jangan nyerah. masih banyak jalan untuk meraihnya, anda bisa kuliah sambil kerja, awas jangan kebalik dengan kerja sambil kuliah. Kalau kuliah sambil kerja prioritas anda adalah kuliah bukan kerja jadi kuliah anda adalah no satu. kalau anda kerja samabil kuliah berarti kerja nomor 1 dan kuliah nomor 2, Kenapa bahasanya harus kuliah sambil kerja?, karena jika anda mengabaikan kuliah dan memprioritaskan kerja dikhawatirkan akan berdampak neatif pada kuliah anda, sudah banyak contoh yang kerja sambil kuliah banyak yang gagal, karena yang ada dalam pikirannya adalah kerja dan uang. Jika uang sudah berbicara maka pendidikan biasanya akan terabaikan. Maka dari itu Anakciremai memberikan saran agar yang mau kuliah sambil kerja usahakan prioritaskan kuliah menjadi nomor satu dan kerja menjadi nomor 2.

Baiklah jika sudah yakin anda mau kuliah, langkah selanjutnya yang anda harus lakukan adalah memilih jurusan kuliah yang tepat, memilih jurusan gampang-gampang susah, gampangnya tinggal milih jadi deh, susahnya karena takut, biasanya takut salah milih, takut nantinya tidak sukses, takut nantinya tidak dapat kerja, takut tidak ada teman, dan lain sebagainya. Anakciremai akan memberikan sedikit tips cara memilih jurusan yang tepat untuk kuliah anda, berikut beberapa point yang harus diperhatikan:

Cita-cita 
Sebelum memilih jurusan kuliah, anda harus memiliki cita-cita, karena dengan cita-cita, anda akan memiliki tujuan hidup yang pasti, tanpa cita-cita hidup anda akan hancur, dijamin itu. Sekarang anda tanya diri anda sendiri apa cita-cita anda? dan jawab sama diri anda sendiri apa cita-cita anda itu. Awas jangan tanya kepada orang lain, karena orang lain tidak bisa mengetahui apa cita-cita atau keinginan anda. Saat menentukan cita-cita usahakan jangan libatkan orang lain secara langsung, termasuk orang tua anda sendiri, tapi kalau ada masukan dari mereka, bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Dengan cita-cita anda bisa mencetak anda dimasa yang akan datang, karir dan pekerjaan anda bisa ditentukan dengan cita-cita anda. So, bercita-citalah sekarang.

Bakat, Minat dan Hobby 
Cita-cita, bakat, minat, dan hoby sangat berkaitan erat, saat menentukan cita-cita sebaiknya disesuaikan dengan bakat dan minta, karena kombinasi keempat ini akan menghasilkan kekuatan yang sangat luar biasa, jadi saat mementukan cita-cita tanyakan juga pada diri anda sendiri apa bakat anda? dan di bidang apa minat anda? serta apa hobby anda.
Sebagai contoh, misalnya cita-cita anda ingin jadi guru, minatnya ingin jadi guru, sedangkan hobby anda menggambar, dan bakat anda menggambar di komputer, nah untuk menyelaraskan agar sesuai antara cita-cita, bakat, minat dan hobby anda sebaiknya masuk ke jurusan pendidikan Ilmu Komputer. karena di sini anda bisa mengasah kemapuan anda menjadi guru dan mengasah kemampuan anda menjadi seorang desain grafis.

Perlu di ingat juga dengan hobby semua bisa dilakukan tanpa ada paksaan, dan tekanan dari siapapu, dan akan dijalankan dengan rasa ikhlas, karena hobby dapat mengalahkan pekerjaan yang dianggap tidak diinginkan oleh hati.

Biaya 
Biaya faktor selanjutnya yang perlu dipikirkan setelah cita-cita dan mengetahui minat, bakat dan hobby anda. Ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah biaya untuk kuliah anda, diantaranya adalah: bagi anda yang orang tuanya mampu untuk membiayai anda kuliah, bersykurlah anda pada Allah SWT, karena anda diberi kemudahan dalam mencari ilmu di jenjang kuliah, yang perlu anda lakukan adalah belajar dengan giat dan jangan mengecewakan oranga tua anda.

Sedangkan anda yang kehidupannya serba kekurangan namun memiliki cita-cita yang kuat untuk bisa kuliah ada banyak cara untuk mendapatkan biaya tersebut diantaranya adalah dengan mencari beasiswa, carilah beasiswa yang bisa mendanai anda untuk kuliah, tanyakan pada guru BP/BK anda tentang informasi beasiswa, caria juga di internet tentang beasiswa untuk S1, atau DIII.

Selain mencari beasiswa untuk biaya kuliah anda, anda juga bisa dapatkan uang untuk kuliah dengan cara bekerja, carilah lowongan kerja yang bisa memberikan masukan dana untuk kuliah anda, dengan syarat kuliah anda tidak terganggu oleh pekerjaan tersebut, alternatif lain adalah anda kuliah malam, pagi sampai sore hari anda bekerja untuk membiayai kuliah anda. Saat malam anda kuliah di kampus yang anda pilih. Oiya saat mencari pekerjaan jangan meniatkan dan mengatakan anda tidak dapat kerja, karena dengan ragu-ragu tidak dapat kerja maka saya yakin anda tidak akan dapat pekerjaan tersebut, yakinkan pada diri anda anda pasti bisa mendapatkan pekerjaan anda untuk membiayai kuliah anda, jangan pernah menyerah sedikitpun, TITIK. katakan "AKU BISA".

Pemilihan Jurusan Kuliah 
Inilah yang ditunggu-tunggu yaitu cara memilih jurusan kuliah yang tepat, anda sudah menentukan cita-cita dan menyatukan dengan bakat, minat dan hobby anda kini saatnya anda memilih sesuai dengan cita-cita, bakat, minat dan hobby anda, kini saatnya anda memilih kampus.

Agar tidak mubazir dengan kuliah anda ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu anda harus selektif memilih kampus/universitas yang bagus, salah satunya adalah:

Akreditasi Kampus 
Usahakan anda masuk ke univeritas negeri, pokonya usahakan dulu masuk ke universitas tinggi negeri, karena tidak ada salahnya anda mencoba terus berusaha masuk ke perguruan tinggi negeri di daerah anda atau daerah lain, dalam masuk ke perguruan tinggi negeri carilah informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari alamat kampus, tempat kost, fakultas, jurusan, dan lain sebagainya.Tanyakan apda guru BP/BK, teman, sodara, mintalah bantuanyannya pada mereka, jika bisa masuk melalui jalur PMDK, Bidik Misi, atau beasiswa lainnya.
Jika tidak masuk ke perguruan tinggi negeri, alternatif lain adalah dengan masuk ke perguruan tinggi swasta, pilihlah perguruan tinggi swasta yang sudah terakreditasi dan memiliki kualitas lulusan yang baik, carilah informasi-informasi penting tentang universitas tersebut sedetail mungkin.

Biaya masuk kampus 
Carilah biaya sesuai dengan kemampuan anda untuk kuliah, jangan memaksakan keadaan anda yang tidak mampu untuk masuk ke universitas yang biayanya mahal, carilah perguruan tinggi yang murah saja, karena apalagi perguruan tinggi swasta, yang anda lakukan yang penting "Lulus" tapi anda "WAJIB" mengasah skill anda melebihi anak kampus yang lain.

Sudah cape ngetiknya nih mau ngasih tugas dulu, Jika mau curhat atau mau tanya-tanya tentang masalah anda silahkan comment ya, kita bahas bersama.
Post a Comment