OBAT MAAG TRADISIONAL

Mencari obat maag yang alami? atau obat maag tradisional? Kalau begitu sama dengan saya, saya juga lagi googling di internet tentang obat sakit maag tradisional yang ampuh, karena kalau membeli obat maag dari apotik dan warung saya merasa takut untuk memberikannya, selain bisa berakibat tidak baik pada kesehatan sekarang obat warungan bisa juga menjadi bom waktu untuk kesehatan ibu saya suatu saat nanti. Obat maag alami ini untuk mengobati maag kronis yang diderita ibu saya, mencari sharing pengalaman tentang obat tradisional maag akut di internet ternyata banyak juga, ada berapa obat tradisional yang bisa dijadikan obat untuk maag kronis, atau juga obat maag untuk ibu hamil, tapi saya hanya merekomendasikan beberapa saja yang bisa dijadikan obat untuk maag, berikut tanaman herbal yang bisa dijadikan obat maag kronis atau maah biasa.
1. Kunyit
2. Madu

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10%, bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat-zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura).

Untuk menggunakannya sebagai obat sakit mag, berikut cara membuat obat sakit maag:
  1. Siapkan 2 jari tangan kunyit cuci hingga bersih.
  2. Kunyit diparut dan ditambah air matang.
  3. Diperas melalui kain bersih.
  4. Hasil perasan didiamkan dan diambil air beningnya, atau bisa juga langsung diminum.
  5. Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Atau bisa juga dengan cara berikut:
  1. Siapkan kunyit 2 jari telunjuk sesuaikan saja dengan jumlah kebutuhan
  2. Parut kunyit tersebut.
  3. Masak dengan air 2 Gelas hingga tersisa 1 gelas atau sesuaikan dengan kebutuhan dengan perbandingan 2:1.
  4. Saring dan dinginkan air kunyit tersebut.
  5. Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
  6. lebih baik lagi ditambah dengan madu murni.

Kunyit juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu atau demam serta obat maah untuk ibu hamil. Khasiat kunyi untuk ibu hamil dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel atau menutupi seluruh badan bayi.

Untuk Menjaga agar terhindar dari gejala maag yang berkepanjangan berikut pola hidup yang perlu dilaksanakan:
  1. Makan dan minumlah secara teratur, jangan suka menunda-nunda makan, sesuai sunnah Nabi yaitu "Makanlah ketika lapar dan Berhentilah Sebelum Kenyang".
  2. Makanlah nasi yang lembek, jangan keseringan memakan nasi yang keras, bila perlu dalam masa penyembuhan makanlah bubur dulu.
  3. Hindari komsumsi makanan yang pedas dan asam.
  4. Perbanyak minum air putih
  5. Berpuasa minimal seminggu 2 kali sesuai sunnah Rasul juga yaitu puasa Senin dan Kamis (jika mampu), karena dengan berpuasa bisa menghentikan atau mengistirahatkan kerja usus dan lambung.
  6. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia yang ada dipasaran karena dapat menyebabkan efek samping dari zat kimia tersebut dan akan pada hakekatnya obat kimia tersebut hanya pereda bukan penyembuh maag.
  7. Konsultasikan kepada dokter atau pada ahli pengobatan lainnya.
  8. Terakhir dan yang paling penting adalah Berdo'a, mari sama-sama saling mendoakan untuk kesehatan kita, semoga anda sembuh dan ibu saja juga sembuh, kita semua sehat (health).

Sumber: dari berbagai sumber
Post a Comment