Cara Menjalankan Winbox di Linux Ubuntu

Cara Menjalankan Winbox di Linux Ubuntu atau cara install winbox di ubuntu (How Winbox Running on Linux Ubuntu or how to install Winbox in ubuntu). Yang biasa berkecimpung di dunia jaringan tentu sudah mengenal yang namanya OS Mikrotik, yaitu sebuah system operasi yang berguna untuk membuat sebuah komputer biasa menjadi sebuah router, gateway, firewall, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Bagi yang belum tahu apa mikrotik silahkan cari jawabannya di mikrotik.com, disana anda bisa mempelajari cara Instal Mikrotik untuk router, instal mikrotik sebagai gateway, cara install Mikrotik sebagai firewall, serta fungsi mikrotik.

Jika sudah memiliki Mikrotik maka tool selanjutnya yang biasa digunakan untuk mengontrol Mikrotik dari komputer lain adalah Winbox. Untuk cara menjalankan Winbox di Microsoft Windows saya rasa tidak ada masalah. anda tidak double click file winboxnya kemudian jalankan deh.
Namun ada masalah jika anda ingin mengontrol Mikrotik dengan menggunakan linux, karena kita tidak bisa asal double klik saja. ada beberapa tahap yang harus disiapkan untuk menjalankan winbox di linux ubuntu. Untuk tutorial sekarang anakciremai akan sharing bagaimana cara menjalankan winbox di ubuntu dengan menggunakan linux ubuntu 10.10. untuk linux lain kemungkinan sama saja. Cara Menjalankan Winbox di Linux Ubuntu ikuti langkah-langkah berikut:

Install wine di terminal caranya klik Applications - Accessories - Terminal
anakciremai@serversim:~$ sudo apt-get install wine
Silahkan ikuti perintah instalasinya sampai selesai

Download Winbox-nya simpan di mana saja misalnya di desktop.
Jalankan dengan cara Klik Kanan pada File Winboxnya kemudian pilih Open With Wine Windows Program Loader.
Jika ada eror seperti tulisan berikut :
 The file '/home/anakciremai/Desktop/winbox.exe' is not marked as executable.  If this was downloaded or copied from an untrusted source, it may be dangerous to run.  For more details, read about the executable bit.
atau gambar berikut:

Error tersebut di atas adalah karena tidak ada permission untuk membuka file winbox tersebut, untuk mengatasinya: Klik Kanan pada File Winbox-nya - Properties - Pilih Tab Permisission - Ceklis tulisan  Allow executing file as program.
Klik close

Jalankan kembali winboxnya dengan Klik kanan kemudian pilih Open With Wine Windows Program Loader.
Selamat winbox anda sudah jalan.



Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Menjalankan Winbox di Linux Ubuntu"

  1. Thanks dan sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak atas info nya....bner" membantu ini heheheh

    ReplyDelete
  3. makasih gan udh share ilmunya, td smpet bingung..maklum br pake linuk

    ReplyDelete
  4. Oke, sama-sama gan saya juga masih belajar

    ReplyDelete

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.