Cara Membuat Server Data (NAS) dengan Freenas


Karena membuat server dengan ubuntu terlalu banyak script yang harus di ketik jadi bingung maklum belum familiar dengan terminal di linux. Berhubung di sekolah membutuhkan server data yang sederhana, tapi tidak terlalu rumit dengan instalasinya, maka saya putuskan untuk membuat server data menggunakan Freenas.

Freenas merupakan sistem operasi yang diperuntukan untuk NAS (Network Attached Storage) yang berfungsi sebagai server data lokal yang ringan pada sisi hardware. Freenas bisa di install pada Hardisk atau flashdisk. Jadi fungsinya adalah sebagai server data di sekolah yang bisa menggunakan username dana password.

Kenapa pilih Freenas?
Sebelumnya saya pernah menggunakan windows 2003 server, namun karena tidak kuat dari sisi virus, maka saya putuskan untuk meninggalkan windows server 2003. Kemudian mencoba menggunakan linux Ubuntu, lagi-lagi karena masih minim penguasaan linux maka saya mencari lagi solusi untuk menangani kebutuhan server data (bukan webserver). Server data ini hanya digunakan untuk menyimpan data surat tata usaha, data-data kurikulum dan data-data siswa. setelah mencari di Google.com akhirnya saya putuskan untuk mencoba menggunakan Freenas. Freenas memang mudah instalasi dan konfigurasi, serta cepat saat di akses.

Freenas di install pada komputer server sekolah pada CPU IBM System x3100. dengan hardisk 2 buah total 500GB.

Instal NAS dengan freenas:
Langkah garis besar untuk membuat server NAS dengan freenas adalah sebagai berikut:
  • Siapkan CPU dan 2 Hard disk kosong. Atau 1 flash disk dan 1 hardisk. Jika hardisk ada datanya backup dulu, karena hardisk akan di format oleh freenas.
  • Download freenas terbaru di http://www.freenas.org/download-releases.html atau sourceforge.com, dan download juga panduan instalasinya.
  • Baca panduan instalasi dan install menggunakan hardisk atau flasdisk.
  • Konfigurasikan harddisk baca ebook panduannya.
  • Buat username dan password serta group di menu account untuk setiap user
  • Test hasilnya
Maaf tutorialnya tidak saya buatkan karena malas membuat screenshoot-nya :D, so jadi eksperimen sendiri dengan ebook yang sudah disediakan oleh freenas yang bisa di download.
Server ini sudah saya test beberapa bulan lupa lagi buatnya kapan. yang pasti komputer stabil, copy data sangat stabil paling kendala pada kabel jaringan dan hub/switch yang bermasalah.
Oh iya, freenas juga digunakan sebagai server music dan video, jadi music dan video bisa di simpan di server dan di dengarkan melalui jaringan. Untuk membuat server music dan video harus menggunakan plugin. So mari bereksperimen kembali dengan Freenas.
Jika anda memiliki pengalaman dengan freenas, mari berbagi infromasi di sini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Server Data (NAS) dengan Freenas"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.