Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel tidaklah sulit, karena di SMP sudah diajarkan, namun bagi anda yang tidak pernah belajar komputer di SMP maupun di SMA, tapi ingin menguasai excel, dan ingin mengetahui rumus rata-rata di excel, berikut akan saya jelaskan fungsi rata-rata di Microsoft excel.
Rumus ini bisa diaplikasikan pada Microsoft excel 2003, 2007, 2010 bahkan Microsoft excel 2013.

Cara menghitung rata-rata di excel
Rumus Rata-rata
Lihat tabel gambar di atas, di dalam tabel tersebut saya buat beberapa kolom yaitu kolom nomor, kolom NIS, kolom nama dan kolom nilai1, nilai 2, nilai 3 dan nilai 4, kemudian jumlah dan rata-rata.

Untuk mengisi kolom rata-rata di atas, rumus yang digunakan adalah AVERAGE, dengan format =AVERAGE(NILAI 1, NILAI 2, NILAI 3 DST...). karena nilai tabel di atas berurut pada kolom D4 samapai G4, maka kita hanya menggunakan titik 2 (:) sebagai tanda sampai (awas tanda sampai bukan tanda minus seperti ini (-)) tapi pakai titik 2.

Maka untuk mengisi rumus rata-rata di atas adalah =AVERAGE(D4:G4), artinya rata-ratakan nilai di cell D4 sampai cell G4. Sudah faham? nanti kita lanjut ke rumus excel yang lain.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.