Anakciremai.Com

BOCORAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL UN 2012-2013

BOCORAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL UN 2012-2013

gambar un
Hanya cerita saja, ada anak SMA yang nanya bocoran ujian nasional atau UN tahun 2012, katanya di internet sudah ada bocoran UN 2012 dan 2013, saya jawab saja tidak punya. Mungkin anak SMA ini denger isu dari temannya bahwa di internet sudah ada kunci jawaban untuk ujian nasional tahun 2012 ini. Dengan sedikit merayu dan memaksa anak SMA itu meminta saya mencarikan bocoran UN, dan setelah mencari di internet, yang ditemukan hanyalah posting tentang kunci jawaban soal ujian nasional.

Saya tidak punya bocoran soal ujian nasional ataupun kunci jawaban ujian nasional karena saya bukan pegawai dinas pendidikan, apalagi yang ngurusin soal ujian nasional. Jika mau bocoran ujian nasional tunggu saja bocoran dari temen-temen kamu dan OKNUM guru-guru dan pengawas di sekolah kamu sendiri, biasanya pasti ada (cos SUDAH TRADISI). Karena ujian nasional bukanlah ujian sebenarnya, banyak para OKNUM guru, kepala sekolah dan OKNUM pegawai dinas pendidikan termasuk pemerintah kabupaten dan propinsi memanfaatkan ujian nasional untuk kepentingan politik, harga diri suatu sekolah, pemerintah kabupaten dan propinsi itu sendiri.

Logika mudah saja, jika disuatu sekolah ada anak yang tidak lulus UN, maka yang jelek reputasinya adalah sekolah, dan jika di sebuah kabupaten ada beberapa sekolah yang anak didiknya tidak lulus UN, maka reputasi kabupaten juga akan jelek, begitupun dengan tingkat propinsi, jika di dalam suatu propinsi terdapat banyak anak sekolah yang tidak lulus maka reputasi propinsi tersebut dimata pemerintah pusat dianggap jelek, dan bisa dianggap tidak mampu meningkatkan pendidikan, bahkan bisa masuk TV loh jika banyak yang tidak lulus.

Banyaknya oknum guru yang memberikan bocoran kepada anak didiknya membuat anak didiknya menjadi malas berlajar terutama anak yang bandel yang kesehariannya main saja, dia sih nyantey saja, tinggal nunggu SMS saja. Kejadin itu sudah banyak terjadi di lingkungan sekolah anakciremai, masa ada siswa nilai ujian nasional sampai 100, saat ditanya dapat bocoran dari teman-teman dan gurunya. Oknum guru juga tidak sembarang memberikan kunci jawaban kalau tanpa persetujuan OKNUM kepala sekolah, bener tidak?. Bagaimana dengan diknas?.

Ya itulah potret pendidikan Indonesia yang sampai sekarang masih kurang bermutu, tapi walaupun banyak kecurangan dalam ujian nasional pemerintah sudah mulai mencari teknik agar tidak ada kebocoran jawaban saat ujian nasional dengan memperbanyak paket ujian dengan mengacak pake A, B, C, D, ataupun paket 1, 2, 3 dan seterusnya. Walaupun masih kurang optimal tapi tetap masih ada usaha untuk memperbaikinya.

Menurut anakciremai sebenarnya dalam urusan pendidikan yang harus diperbaiki sudah terlalu komplek untuk dijabarkan, dari mulai sistem pendidikan, pelaku pendidikan, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan dan sebagainya. tapi yang paling intinya bisa mulai dari diri kita sendiri, yaitu dengan menanamkan pola pikir yang postif. Selanjutnya, bingung deh apa yang harus dijabarkan.. hee.., biarkan orang-orang pintar yang memberi masukan untuk pendidikan Indonesia, yang mau memberikan masukan silahkan comment.

Kembali ke laptop, buat adik-adik yang lagi nyari kunci jawaban disarankan untuk tidak percaya pada orang-orang yang ngasih jawaban apalagi yang didapat dari internet atau dari SMS, percayalah pada diri anda sendiri, andalah yang membawa diri anda sendiri, akui kemampuan anda sampai dimana, uji kemampuan pendidikan anda sampai dimana dengan tidak pernah nyontek, Ujian nasional bukan akhir dari hidup anda, bersemangatlah dengan kemampuan anda, percayalah pada diri anda sendiri.

Hati-hati jika anda mendapatkan bocoran ujian nasional, jangan percaya sepenuhnya, telitilah dan cocokan kunci jawaban yang anda dapatkan dengan dengan soal ujian nasional anda. (he.. ngajarin ga bener). Sudahlah, saran saja buat adik-adik tetap semangat belajar, dan selamat menempuh ujian nasional, inget ya jangan tegang atau stress, nikmati saja ujian nasional itu, bawa enjoy saja. Tidak usah takut tidak lulus, pasti lulus kok, kan ada ujian nasional susulan. SEMANGAT!!!!!

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 8:29 AM 7 comments
Post a Comment

Google+ Followers

...