PRINSIP PSIKOLOGI BELAJAR

Tugas Psikologi Belajar IPS.

Pertanyaan: Sebutkan Prinsip-Prinsip psikologi belajar?
Sebelum kita mengetahui apa saja Prinsip-Prinsip psikologi belajar, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa sih prinsip itu sendiri? Prinsip belajar disini adalah hukum-hukum dasar atau pokok yang perlu diterapkan dalam pelaksanaan belajar agar menjadi lebih efektif, sehingga hasil dari belajar itu menjadi lebih meningkat. Ada beberapa prinsip psikologi belajar diantaranya:
  1. Motivasi maksud dari prinsip motivasi disini ialah prinsip dimana seorang guru memiliki peranan untuk memotivasi muridnya untuk lebih giat belajar, karena guru adalah seorang motivator yang akan menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar seorang siswanya. Pengertian dari motivasi itu sendiri adalah daya yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu. Seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi pendorong siswanya dalam belajar atau melakukan sesuatu, hal ini sesuai dengan peran seorang guru yaitu sebagai motivator, agar senantiasa membangkitkan dan meningkatkan motivasi positif untuk belajar. Ada dua motivasi yaitu motivasi yang muncul dari dalam diri anak disebut motivasi intrinsik dan motivasi dari luar diri si belajar (motivasi ekstrinsik). Motive dari dalam dapat dilakukan dengan menggairahkan perasaan ingin tahu anak, mencoba-coba, keinginan untuk berhasil. Motivasi dari luar dapat dilakukan dengan memberikan ganjaran melalui pemberian pujian, atau hukuman dll. Motivasi intrinsik senantiasa untuk ditumbuhkan dalam diri siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
  2. Latar dan konteks maksud prinsip belajar ini ialah dalam penyampaiaan materi pembelajaran harus sesuai dengan konteksnya supaya lebih terarah sehingga siswa dapat mengerti dan memahaminya, oleh karena itu seorang guru harus mengetahui terlebih dahulu tingkat pengetahuaan, keterampilan ,dan pengalaman yang dimiliki seorang siswa supaya lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran. Supaya materi yang diajarkan lebih bermakna dan berkesan untuk siswanya sesuai dengan apa yang dialaminya atau kehidupannya maka seorang guru harus bisa mengaitkan materi yang akan diajarkannya dengan tingkat pengetahuaan dan pengalaman yang dimiliknya. Hanya dengan begitu siswa dapat mengerti dan memahaminya.
  3. Keterarahan dan fokus maksud prinsip belajar disini supaya proses belajar terarah dan lancar maka seorang guru harus membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, seperti membuat silabus atau RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan tujuan supaya dalam proses pembelajaran agar terarah dan fokus.
  4. Hubungan Sosial dan sosialisasi prinsip ini sangat penting dimana seorang guru harus bisa membuat siswa-siswinya mampu bersosialisasi dengan guru, masyarakat dan lingkungan sekolah terutama dengan teman-teman sebayanya. Selain itu guru juga harus mampu melakukan kerjasama antara guru dan siswa atau antara siswa dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sudah harus disiapkan pada saat membuat rencana pembelajaran. Siswa perlu dilatih untuk belajar bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugasnya juga. Dengan adanya kerjasama antara guru dan muridnya maka tujuan pembelajaran akan tercapai dan berjalan baik.
  5. Belajar sambil bekerja maksud dari prinsip belajar disini ialah pada dasarnya seorang siswa mampu belajar sambil bekerja, jadi siswa tersebut mampu beraktifitas atau melakukan kegiatan yang bisa merangsang kemampuan otot dan berfikirnya. Semakin dewasa anak-anak memiliki kadar bekerjanya akan berkurang namun kadar berfikirnya akan meningkat. Oleh karena itu seorang anak akan memiliki kemampuan berfikirnya lebih tinggi dan meningkat sesuai dengan tantangan yang akan dihadapinya dalam proses pembelajaran.
  6. Perbedaan perorangan maksud dari prinsip belajar disini ialah seorang guru harus mampu menyikapi perbedaan yang dimiliki oleh siswa siswinya dan menyikapinya secara bijaksana. Karena sesungguhnya setiap siswa memiliki bakat latar belakang kehidupan, kemampuan tingkat pengetahuaan, sikap dan kebiasaan yang berbeda. Dengan kata lain setiap individu memiliki keunikan sendiri. Oleh karena itu seorang guru harus bisa menyikapi perbedaan dan keunikan yang dimiliki siswanya supaya dalam prose belajar berjalan lancar. Pemahaman tentang kondisi siswa mendorong guru untuk memperlakukan siswa secara berbeda dan bersikap lebih bijaksana dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam kelas.
  7. Prinsip Menemukan maksudnya prinsip menemukan disini ialah prinsip dimana seorang guru harus mampu melakukan inovasi baru yang lebih kreatif karena Dalam pembelajaran tidak semua materi yang akan diajarkan disampaikan kepada siswa. Pada dasarnya setiap anak telah memiliki pengetahuan awal dan potensi untuk menemukan sendiri pengetahuan tersebut. Berikan siswa konsep-konsep inti dan mintalah siswa untuk menemukan dan membuktikannya sendiri konsep-konsep lain yang terkait dengan cara memberi pertanyaan yang merangsang daya pikir, menumbuhkan rasa ingin tahu dan menemukannya sendiri. Proses belajar aktif dapat mengurangi rasa bosan anak dalam belajar.
  8. Prinsip memecahkan masalah maksudnya seorang guru dalam proses belajar harus mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswanya dalam proses belajar tersebut. Misalnya seorang siswa sulit untuk memahami tentang pelajaran yang telah diajarkan, disini tugas guru sangat diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut dan mencari solusinya supaya siswanya tidak mengalami hal tersebut lagi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PRINSIP PSIKOLOGI BELAJAR"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.