RPP TIK KELAS X SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
1.1    Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

2.       INDIKATOR
·         Menjelaskan definisi komputer
·         Menjeaskan fungsi dan kegunaan komputer
·         Menjelaskan sejarah komputer
·         Menjelaskan sistem komputer
·         Mendeskripsikan Hardware, Software dan Brainware
·         Memasang komputer
·         Menghidupkan komputer
·         Mematikan komputer

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan definisi komputer
·         Menjeaskan fungsi dan kegunaan komputer
·         Menjelaskan sejarah komputer
·         Menjelaskan sistem komputer
·         Mendeskripsikan Hardware, Software dan Brainware
·         Memasang komputer
·         Menghidupkan komputer
·         Mematikan komputer

4.       MATERI PEMBELAJARAN
·        Definisi Komputer, Fungsi dan Kegunaan Komputer, Sejarah Komputer, Sistem: Hardware, Software dan Brainware, Menghidupkan dan Mematikan Komputer

5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung

6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS

7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
o   Motivasi tentang pentingnya menguasai Teknologi informasi dan komunikasi

KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Definisi Komputer, Fungsi dan Kegunaan Komputer, Sejarah Komputer, Sistem komputer menyangkut : Software, Hardware dan Brainware, Memasang Komputer, Menghidupkan dan Mematikan Komputer (eksplorasi)

Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Secara berkelompok siswa mendemontrasikan cara memasang computer (elaborasi)
-          Siswa  menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur (elaborasi)
-          Guru memperhatikan, mengamati praktek siswa dan member penjelasan atau petunjuk pada siwa yang mengalami masalah saat praktek (konfirmasi)
·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
o   Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
-          Secara individu siswa mencari informasi tentang sejarah komputer dari media masa dan internet dibuat dalam bentuk rangkuman

8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Kerja Kelompok
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda



Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
1.2    Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
2.       INDIKATOR
·         Menjelaskan tentang perangkat lunak atau software
·         Menjelaskan tentang jenis-jenis perangkat lunak atau software
·         Menjelaskan tentang kegunaan dan fungsi software secara umum
·         Menjelaskan tentang kegunaan dan fungsi software secara khusus
3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan tentang software
·         Menjelaskan tentang jenis-jenis perangkat lunak atau software
·         Menjelaskan tentang kegunaan dan fungsi software secara umum
·         Menjelaskan tentang kegunaan dan fungsi software secara khusus
4.       MATERI PEMBELAJARAN
·         Software Aplikasi: Kegunaan dan fungsi software aplikasi, jenis-jenis software aplikasi, dasar-dasar pengoperasian program aplikasi
5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung
6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS
7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Sistem Komputer menyangkut hardware, software dan brainware
o   Motivasi tentang penggunan software aplikasi
KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Perangkat lunak atau software, jenis-jenis perangkat lunak atau software, menjelaskan tentang kegunaan dan fungsi software secara umum atau khusus (eksplorasi)
Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Siswa mendiskusikan tentang perangkat lunak atau software, jenis-jenis software kegunaan dan fungsinya (eksplorasi dan elaborasi)
-          Guru meluruskan dan memberikan penguatan terhadap hasil diskusi (konfirmasi)
·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Diskusi
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda



Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 2. Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
2.1.  Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2.       INDIKATOR
  • Mendeskripsikan fungsi dan proses kerja dari Hardware
  • Menyebutkan alat-alat input
  • Menyebutkan alat-alat output
  • Menyebutkan alat-alat proses
  • Menyebutkan media  penyimpanan data dan menggunakannya
  • Menjelaskan tentang data dan informasi
  • Menjelaskan tentang siklus pemerosesan informasi dan komunikasi

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
  • Mendeskripsikan fungsi dan proses kerja dari Hardware
  • Menyebutkan alat-alat input
  • Menyebutkan alat-alat output
  • Menyebutkan alat-alat proses
  • Menyebutkan media  penyimpanan data dan menggunakannya
  • Menjelaskan tentang data dan informasi
  • Menjelaskan tentang siklus pemerosesan informasi dan komunikasi

4.       MATERI PEMBELAJARAN
·         Fungsi dan proses kerja peralatan komputer , Hardware: Input, Proses dan Output serta Media Penyimpanan, Data dan Informasi, Siklus Pemrosesan Informasi dan Komunikasi

5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung

6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS

7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Sistem Komputer menyangkut hardware, software dan brainware
o   Motivasi tentang fungsi dan  proses kerja peralatan komputer

KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Hardware yang meliputi alat input, proses dan output serta media penyimpanan, data dan informasi siklus pemrosesan Informasi dan komunikasi (eksplorasi)

Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Secara berkelompok siswa membuat dattar alat input, output, proses dan penyimpanan (eksplorasi dan elaborasi)
-          Siswa wakil kelompok menunjukkan atau menjelaskan hasil kerjanya (elaborasi)
-          Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil kerja siswa (konfirmasi)

·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
o   Tugas Mandiri Tidak Terstruktur Siswa ditugaskan Membuat kliping gambar-gambar alat input, proses, output dan penyimpanan

8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 2. Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
2.2.  Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

2.       INDIKATOR
  • Mendeskripsikan definisi jaringan komputer
  • Menjelaskan macam-macam jaringan komputer
  • Mengidentifiasi komponen jaringan komputer
  • Menjelaskan jenis-jenis topologi jaringan komputer
  • Mendeskripsikan internet
  • Menjelaskan macam-macam aplikasi internet

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
  • Mendeskripsikan definisi jaringan komputer
  • Menjelaskan macam-macam jaringan komputer
  • Mengidentifiasi komponen jaringan komputer
  • Menjelaskan jenis-jenis topologi jaringan komputer
  • Mendeskripsikan internet
  • Menjelaskan macam-macam aplikasi internet

4.       MATERI PEMBELAJARAN
  • Jaringan Komputer: Definisi Jaringan Komputer, Macam-Macam Jaringan Komputer, Komponen  Jaringan Komputer, Topologi Jaringan Komputer dan Internet dan Aplikasinya

5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung

6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS

7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang alat komunikasi
o   Motivasi tentang jaringan komputer dan internet

KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Definisi jaringan komputer, macam-macam jaringan komputer, komponen  jaringan komputer dan topologi jaringan komputer, Internet dan aplikasinya (eksplorasi)

Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Siswa melakukan praktek aplikasi jaringan komputer (elaborasi)
-          Guru memperhatikan, mengamati praktek siswa dan member penjelasan atau petunjuk pada siwa yang mengalami masalah saat praktek (konfirmasi)





·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
o   Tugas Mandiri Tidak Terstruktur :Siswa ditugaskan Membuat rangkuman tentang internet dari media masa atau dari internet

8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 2. Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
2.3.  Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dankomunikasi
2.       INDIKATOR
  • Mendeskripsikan tentang perangkat lunak atau software komputer
  • Mengidentifikasi perangkat lunak atau software program aplikasi dan fungsinya
  • Mendemontrasikan beberapa program perangkat lunak atau software aplikasi untuk mengolah informasi
3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
  • Mendeskripsikan tentang perangkat lunak atau software komputer
  • Mengidentifikasi perangkat lunak atau software program aplikasi dan fungsinya
  • Mendemontrasikan beberapa program perangkat lunak atau software aplikasi untuk mengolah informasi
4.       MATERI PEMBELAJARAN
·         Perangkat Lunak atau Software : Fungsi dan Cara Kerja Perangat Lunak Program Aplikasi,  Program Pengolah Kata, Angka, Gambar dan Multimedia
5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung
6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS
7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Software Komputer
o   Motivasi tentang penggunaan software aplikasi komputer
KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang fungsi dan cara kerja perangkat lunak program aplikasi menyangkut program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, gambar dan multimedia (eksplorasi)
Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Siswa mendemontrasikan beberapa program perangkat lunak atau software aplikasi Ms Word, Excel, Powerpoint, CorellDraw dan Multimedia (elaborasi)
-          Guru memperhatikan, mengamati praktek siswa dan member penjelasan atau petunjuk pada siwa yang mengalami masalah saat praktek (konfirmasi)
·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
o   Tugas Mandiri Tidak Terstruktur : Siswa membuat rangkuman dasar-dasar pengoperasian perangkat lunak aplikas MS Word, Excel, Powerpoint dan CorellDraw dan Multimedia
8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 3.  Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
3.1.  Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi

2.       INDIKATOR
  • Menjelaskan tentang pengertian Etika
  • Menjelaskan tentang pengertian Moral
  • Menjelaskan tentang aturan hak cipta
  • Menjelaskan tentang jenis-jenis pelanggaran hak cipta
  • Menjelaskan tentang dampak dari pelanggaran hak cipta
·       Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkatian dengan teknologi informasi dan komunikasi

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
  • Menjelaskan tentang pengertian Etika
  • Menjelaskan tentang pengertian Moral
  • Menjelaskan tentang aturan hak cipta
  • Menjelaskan tentang jenis-jenis pelanggaran hak cipta
  • Menjelaskan tentang dampak dari pelanggaran hak cipta
·       Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkatian dengan teknologi informasi dan komunikasi

4.       MATERI PEMBELAJARAN
  • Etika dan Moral : Pengertian Etika, Pengertian Moral, Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung

6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS

7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Software aplikasi untuk mengolah informasi
o   Motivasi tentang pentingnya memperhatikan K3 dalam penggunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi
KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Pengertian Etika, Pengertian Moral, Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai pengantar untuk siswa berdiskusi (eksplorasi)
Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Siswa mendiskusikan tentang etika dan moral dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menyangkut maraknya pembajakan berbagaI software  (eksplorasi dan elaborasi)
-          Siswa melaporkan hasil diskusinya, dan guru menanggapi sekaligus memperkaya hasil diskusi siswa (elaborasi dan konfirmasi)





·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran

8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 7

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 3.  Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
3.2.  Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

2.       INDIKATOR
·         Menjelaskan  tentang prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·         Mendemontrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·    Menerapkan aturan kesehatan dan keselamatan kerja (k3) dalam penggunaan komputer

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan  tentang prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·         Mendemontrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·    Menerapkan aturan kesehatan dan keselamatan kerja (k3) dalam penggunaan komputer

4.       MATERI PEMBELAJARAN
·       Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung

6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS
7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang K3 dalam penggunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi
o   Motivasi tentang Hak atas Kekayaan Intelektual
KEGIATAN INTI ( 80 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (eksplorasi)
o   Tugas Mandiri  Terstruktur
-          Siswa mendemontrasikan cara bekerja menggunakan komputer yang sesuai dengan prosedur yang benar (eksplorasi dan elaborasi)
-          Guru memperhatikan, mengamati praktek siswa dan member penjelasan atau petunjuk pada siwa yang mengalami masalah saat praktek (konfirmasi)
·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru bersama  siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 8

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas /Semester                     : X / 1 (Satu)
Waktu                                       : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi              : 3.  Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

1.       KOMPETENSI DASAR
3.3.  Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikas
2.       INDIKATOR
·         Menjelaskan tentang Kekayaan intelektual
·         Menjelaskan tentang Hak Cipta di bidang TIK
·      Menjelaskan tentang undang-undang hak cipta
3.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan tentang Kekayaan intelektual
·         Menjelaskan tentang Hak Cipta di bidang TIK
·      Menjelaskan tentang undang-undang hak cipta
4.       MATERI PEMBELAJARAN
·         Undang-undang tentang Hak Cipta (HAKI):  Kekayaan Intelektual, Hak Cipta di bidang TIK, Undang-undang Hak Cipta
5.       MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif dan langsung
6.       SUMBER BELAJAR
·         Buku paket komputer (Lia Kuswayanto (Grafindo)
·         Modul Praktek .........................................
·         Komputer lengkap dengan CD Audio/Vidio atau Multimedia
·         LKS
7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         PENDAHULUAN ( 5 Menit )
o   Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
o   Apersepsi tentang Hak Cipta atas kekayaan intelektual
o   Motivasi tentang memahami dan memperhatikan undang-undang hak cipta
KEGIATAN INTI ( 160 Menit)
Pertemuan 1
o   Tatap Muka (  80 Menit )
-          Dengan menggunakan media Audio Vidio guru menjelaskan tentang Kekayaan Intelektual, Hak Cipta di bidang TIK, Undang-undang Hak Cipta (eksplorasi)
Pertemuan 2
o   Tugas Mandiri  Terstruktur ( 80 Menit )
-          Siswa membaca undang-undang Hak Cipta dan membuat kesimpulannya (eksplorasi dan elaborasi)
-          Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil eksplorasinya (elaborasi)
-          Guru memberikan umpan balik, menanggapi dan member penguatan terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa (konfirmasi)
·         PENUTUP ( 5 Menit )
o   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
o   Tugas Mandiri Tidak Terstruktur Siswa membuat kliping berisi informasi tentang pelanggaran hak cipta dari media masa atau internet
8.       PENILAIAN
·         Pengamatan Saat Praktek
·         Test Tulis Essay / Pilihan Ganda


Rajagaluh, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 .................




.........................................
NIP. ...............................

Guru Mata Pelajaran Tik Kelas X




.........................................
NIP. ...............................


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Anakciremai - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger