PIRAMIDA EKOLOGI

Sebelumnya telah kita pelajari teori biogenesis dan sekarang akan kita bahas tentang piramida ekologi
Piramida ekologi merupakan gambaran susunan antar trofik yang dapat disusun berdasarkan berat kering, kepadatan populasi, maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofiknya.
Dalam struktur trofik pada ekosistem dapat disajikan dalam bentuk piramida ekologi. Ada tiga jenis piramida ekologi, yaitu piramida jumlah individu, piramida biomassa, dan piramida energi. Berikut uraian piramida ekologi:

1. Piramida Jumlah Individu
Piramida jenis ini memberikan gambaran tentang jumlah individu pada setiap trofik pada piramida ekologi.


2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa menggambarkan ukuran berat materi organisme pada setiap trofik dalam satuan berat. Piramida biomassa hasilnya lebih akurat daripada piramida jumlah inidividu. Untuk mengukur berat pada setiap trofik maka rata-rata berat organisme di tiap trofik harus diukur kemudian barulah jumlah organisme pada setiap trofik, tersebut dapat diperkirakan.

3. Piramida Energi
Seringkali piramida biomassa tidak selalu memberi informasi yang kita butuhkan tentang ekosistem tertentu. Lain dengan piramida energi yang dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama. Piramida energi mampu memberikan gambaran paling akurat tentang aliran energi dalam ekosistem.
Post a Comment