o Cara Super Mudah Konversi Angka Ke Text Pada Excel - Anakciremai

Header Ads

  • Breaking News

    Cara Super Mudah Konversi Angka Ke Text Pada Excel

    Malam yang sepi dengan udara yang panas ini, Aku termenung memikirkan DIA, oh Dia.. kaya lagu aja. "Hahah Lieur euy lah..", daripada mata belum ngantuk lebih baik buat postingan bagiman Cara Mudah Konversi Angka Ke Text Pada Excel. 

    Baiklah contoh kasusnya seperti ini. Saya memiliki data penduduk yang di dalamnya berisi kolom Nomor, NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nama, Alamat, Kecamatan dan Desa. nah permasalahnnya pada NIK jika secara format General kita mengetikan NIK pada cell yang jumlahnya 16 digit, maka pada cell tidak bisa menampilkan seluruh angkanya. Contoh; saya mengetik angka 32108765432678 dan jika di enter maka hasilnya menjadi 3.21088E+13. 

    Sebenarnya solusinya mudah saja, kita tinggal mengetikan tanda petik satu (') pada awal angka jadi '32108765432678 dan hasilnya akan menjadi text. Atau juga Anda bisa menggunakan format cell, dengan cara klik dahulu cellnya kemudian pilih Format cell kemudian Kategorinya pilih Text, selanjutnya masukan saja NIK-nya, jadilah Angka namun dengan format Text.

    Pemasalahan terbesar adalah bagimana cara jika data tersebut sudah berupa angka (number) dengan data ribuan, Apakah hanya dengan format cell bisa beres?. Atau menambahkan tanda kutif satu persatu di awal angka?. Tentu akan kerepotan.

    Nah Solusinya adalah sebagai berikut:
    Tapi sebelumnya kita lihat dulu contoh kasus bagaimana cara merubah angka ke text dalam gambar berikut ini.

    Perhatikan Gambar di Atas, Pada kolom NIK Anakciremai mengetikan angka sebanyak 16 karakter atau 16 angka, dan hasilnya tampak seperti gambar.
    Anakciremai bisa saja merubah angka tersebut dengan cara format cell dan merubah ke kategori text. Namun untuk menjadi full ke text harus di edit satu-satu cellnya.

    Ada cara super Cepat untuk merubah data NIK di atas menjadi data text hanya dengan beberapa klik saya.
    Baiklah ikuti saja perintahnya berikut ini.
    Langkah pertama Klik Menu Data
    Block Semua cell yang akan di convert
    Klik Menu Text To Columns

    Pilih Next saja
    Pilih Next Juga
    Nah kalau ini Pilih Text
    Kemudian Finish

    LIhat gambar di atas hasil dari convert dari angka ke text di excel.
    Jika Anda mengalami kesulitan silahkan comment di blog anakciremai ini.

    No comments

    Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    7