Download Aplikasi Kependudukan Desa dan Kelurahan Berbasis Web Gratis


Bulan kemarin kebetulan dapat tugas dari kepala desa untuk mengikuti pelatihan atau bimtek (bimbingan teknis) aplikasi kependudukan di Kabupaten. Pelatihan tersebut diikuti oleh para operator desa atau yang mewakilinya tapi kebanyakan para juru tulis.
Kegiatan bimtek dilaksanakan di gedung SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Kabupaten Majalengka pada hari rabu pukul 08.00 dan bertepatan juga dengan pertemuan rutin pencacah sensus ekonomi (SE) 2016, namun kumpul pukul 13:00. 
Anakciremai datang ke SKB pukul 08:00 tidak berapa lama acara pembukaan bimtek dibuka oleh panitia. Sebelum masuk para peserta bimtek diberi flasdisk 3 in one (Flasdisk, Pulpen, dan Laser Pointer) flash disknya berbentuk pulpen dan sebuah buku catatan kecil (note book). 
Jrengg.. Pelatihan dimulai aplikasi kependudukan desa dengan nama Siladdu yang sudah di bundle dengan xampp suruh di copy ke drive C: selanjutnya mengaktifkan Xampp kemudian dibuka via web browser Mozilla Firefox. dan aplikasi Siladdu versi 1.0 pun bisa setting dan diutak-atik.

Beberapa hal yang wajib di setting dan diisi pada akun administrator adalah:
  1. Pengguna atau user yang bisa dibuat sesuai kebutuhan.
  2. Pengelolaan data web yang meliputi Logo desa, berita, sejarah desa, demografi, visi dan misi, peta desa dan regulasi
  3. Kode Propinsi, kode Kabupaten, Kode Kecamatan, Kode Desa berdasarkan kode BPS dan kode Kemendagri. Sedangkan kode dusun, RT, RW, dukuh disesuaikan dengan keadaan di desa masih-masing. 
  4. Pada bagian lainnya yaitu potensi ekonomi meliputi pertanian, perkembunan, pertambakan, sumber air, sumber energi, dan potensi wisata.
  5. Setingan selanjutnya perangkat desa meliputi Kepala desa, Sekretaris desa, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi ekonomi dan pembangunan, kepala seksi kesejahteraan rakyat, kaur keuangan, kaur aset dan kaur umum, serta kepala dusun.



Dan beberapa setingan yang berada pada akun user/operator adalah:
  1. Kependudukan; meliputi kepala keluarga, data penduduk, pisah kartu keluarga, cetak kartu keluar.
  2. Presfektif sosial budaya; meliputi siapa saja penerima bantuan sosial dan bantuan siswa miskin.
  3. Kesehatan data Penduduk; meliputi data gizi buruk dan data kehamilan penduduk.
  4. Pustaka kependudukan, pustaka lainnya, pembuatan surat keterangan, peristiwa kelahiran dan kematian dan lain sebagainya. Silahkan nanti Anda praktekan saja yah..
Akhirnya jam Makan siang datang berhubung jam 13:00 ada pertemuan PCL (Pencacah lapangan sensus ekonomi) maka anakciremai kabur duluan wkwkw. Yang penting sudah dapat data dan flasdisknya, masalah uang duduk saya nyuruh teman untuk tanda tangan hihihi.

Setelah pulang malam harinya saya oprek-oprek tuh aplikasi kependudukan berbasis web tersebut sambil browsing dan facebookan. dan Jrengg... saya menemukan aplikasi ini dari webnya pak Hendriawan dan aplikasi sistem informasi desa dan keluaran tersebut bernama sideka bahkan sudah versi 1.3 di share gratis pada link di bawah.
Setelah dibandingkan ternyata sama percis tidak ada bedanya hanya logo saja yang beda, entah siapa yang pertama membuatnya. Akhirnya anakciremai coba menggunakan sideka versi 1.3 dan lumayan ada sedikit perbaikan pada tampilan homepage-nya.



Dari beberapa aplikasi di atas masih banyak kekurangannya misalnya untuk data penduduk tidak bisa di import dari excel jadi Anda harus manual memasukannya. Bisa dibayangkan keselnya input satau-satu jika datanya ribuan, namun bisa diatasi dengan import lewat PHPMyadmin tapi harus tahu dulu kode referensi data penduduknya. (Bisa kontak saya untuk jasa importnya wkwwkwk). File dasarnya bisa minta ke dinas kependudukan kabupaten setempat.
Kemudian pada laporan kelahiran, kematian, penduduk datang, penduduk pindah yang belum bisa merekap data perbulan dan belum menggunakan format yang sekarang misalnya format F1-F12.
Bagi Anda yang ingin mencoba silahkan anda unduh filenya saya sarankan menggunakan sideka saja.
Cara Instalasinya 
  1. Jika belum install xampp silahkan download versi full package pada link ini. kemudian instal xampp dan copykan folder asset ke htdocs dan buat database via PHPMyadmin selanjutnya import data MYSQL pada folder asset.
  2. Jika sudah install XAMPP silahkan langsung copy folder ini ke htdocs dan buat database via PHPMyadmin kemudian import data SQL-nya.
  3. Jika mau langsung di install ke hosting tinggal upload saja menggunan aplikasi FTP. Jika kesulitan silahkan comment.
NB:
Alternatif lain bisa menggunakan Sistem Informasi Desa (SID) download di artikel aplikasi kependudukan.

Jika Ingin berdiskusi silahkan gabung di group FB Anakciremai.

Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Download Aplikasi Kependudukan Desa dan Kelurahan Berbasis Web Gratis"

  1. username dan password untuk masuk ke halaman admin, apa Gan???

    ReplyDelete
  2. Waduhh lupa euy.. bongkar aja database-nya di phpmyadmin ada pada tbl_pengguna tinggal ganti saja passwordnya. jangan lupa convert ke MD5 passwordnya.

    ReplyDelete
  3. ada versi yang 1.6/1.7 gan?

    ReplyDelete
  4. gan saya sudah mengiikuti prosedurnya dan passwordnya sudah saya ganti di tbl_pengguna tetapi masih tidak bia login admin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan password defaultnya
      Untuk pengelolaan website SIDeKa (logo, konten berita) dan data dasar wilayah, menggunakan username sidekaadmin (dengan password sidekapass)
      Untuk pengelolaan data desa (data kependudukan, dan data2 yang lain), menggunakan username sidekapengelola (dengan password sidekapass)

      Delete
  5. config base_Url apa perlu di ganti ya gan kalau di upload di hostinger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu gan, saya belum coba dipasang di shared hosting.

      Delete
  6. untuk halaman admin nya mana mas , cari2 gak ada , maaf masih newbie , belajar mas

    ReplyDelete
  7. ada yang tau kah cara import data csv ke database sideka nya? krn ga bsa import nih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang jadi masalah kalau tidak tau import-nya. untuk tabel kependudukan ada 3 bagian file yang harus di isi.. dicoba saja diunduh/export tabelnya di PHPmyadmin kemudian isikan sesuai format terus import kembali ke PHPMyadmin... Beres..

      Delete
  8. selamat pagi gan, kami sdh download dan instal sideka tp gak bisa kbuka ya..? mohon pencerahannya gan. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa login/tidak bisa kebuka. Jika tidak bisa kebuka kemungkinan xampp bermasalah di cek dahulu apace dan MYsqlnya sudah jalan belum?

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. installnya kok gak bisa ya mas di step 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau install di hosting?.. 1. upload filenya, 2. buat dahulu databasenya.. kemudian 3. ubah koneksi databasenya.

      Delete

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.