Download Format Kartu Identitas Siswa

Kemarin lusa Anakciremai sudah membuat kartu NISN, namun anakciremai sedikit modifikasi jadi bukan nomor NISN saja ada di kartu tapi identitas lain seperti NIS (Nomor Induk Siswa) atau NIPD (nomor Induk Peserta Didik), Nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin dan Alamat.

Pembuatan kartu identitas siswa ini menggunakan Microsoft Excel dan di merge dengan Microsoft Word. Jadi, Microsoft word sebagai desain dan Microsoft Excel digunakan untuk database siswa. yang anda lakukan hanya mengedit database di Microsoft Excel saja, kemudian di merge ke Microsoft Word. Bagi pemula mungkin sedikit bingung dan belum faham fungsi mail merge. tapi untuk yang sudah mahir pasti dianggap mudah. Nanti akan saya pandu cara menggunakannya, Tapi sebelumnya Anakciremai berikan contoh kartu pelajar siswa bisa juga untuk kartu OSIS, kartu NISN. Berikut penampakan kartu identitas sekolah.
kartu identitas siswa

Nah itu di atas contohnya, kartu tersebut memanjang dengan ukuran disesuaikan dengan dompet, maka Anakciremai gunakan ukuran 8.5 x 5.5 pokoknya persis seperti kartu ATM. Gambar di atas bentuknya memanjang nanti tinggal dilipat saja kemudian dilaminating. Ada bar code-nya juga loh, :D. Barcodenya adalah nomor NISN yang menggunakan barcode font.

 Aplikasi kartu siswa ini masih dalam tahap pengembangan, masih mencari desain yang bagus, untuk software kartu pelajar full version ini bisa anda unduh dan Anda modifikasi sendiri, yang masih awam pun mungkin bisa kalau menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel, beda lagi jika menggunakan Core Draw atau Photoshop. Aplikasi ini saya berikan gratis, full version.

Baiklah, silahkan Anda download aplikasinya di bawah postingan ini. Untuk panduan singkatnya ikuti petunjuk berikut ini.
  1. Download Aplikasi kartu siswa pada akhir postingan ini
  2. Extrak menggunakan winzip/winrar/7zip
  3. Jangan di rename folder IDCARD_ANAKCIREMAI (kecuali kalau anda sudah Mahir mail merge)
  4. INGAT! simpan folder IDCARD_ANAKCIREMAI di drive D: jangan di drive C atau drive yang lain (terkecuali sudah faham). karena akan berpengaruh terhadap link foto.
  5. Siapkan foto dengan resolusi yang kecil saja misalnya 100 pixel dan RENAME nama filenya menggunakan NISN (nama file photo WAJIB menggunakan NISN).
  6. Simpan photo di folder D:\IDCARD_ANAKCIREMAI\photo
  7. Buka Folder barcode_font. Copykan BarcodeFont ke folder C:\Windows\Fonts
  8. Buka file Microsoft Excel dengan nama file "DATA" isi sesuai contoh
  9. Buka file Microsoft Word dengan nama "MASTER_IDCARD_SISWA"
  10. Klik Yes, Jika minta mencari file data excel Anda tinggal telusuri file data Microsoft excel pada folder D:\IDCARD_ANAKCIREMAI dan pilih sheet1.
  11. Klik menu Maillings
  12. Klik icon Finish & Merge
  13. Klik Edit Individual Document
  14. Tekan tombol CTRL+A
  15. Tekan tombol F9
  16. Silahkan print gunakan ukuran kertas A4
  17. Selesai
Nah itu panduan singkat menggunakan aplikasi kartu NISN/kartu siswa. Jika Anda membutuhkan panduan lengkap silahkan comment nanti akan saya posting pada postingan baru. perhatikan panduan yang ditebalkan. Jika masih bingung silahkan coment di bawah ini.
Download Now.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Download Format Kartu Identitas Siswa"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.