Cara Kerja DNS (Domain Name Service)

Cara Kerja Server DNS
Server DNS dalam implementasinya memerlukan program client yang dapat menghubungkan setiap komputer user dengan server DNS. Program ini dikenal dengan nama resolver. Resolver ini digunakan oleh program aplikasi yang terinstall di komputer user, seperti web browser dan mail client. Berikut ini merupakan gambaran proses yang dilalui untuk memperoleh alamat host dari nama domain www.microsoft.com.

cara kerja DNS

Dari gambar di atas dapat dijelaskan urutan cara kerja Server DNS menangai permintaan sebagai berikut:
  • Mencari alamat host pada file HOSTS, bila ada berikan alamatnya dan proses selesai.
  • Mencari pada data cache yang dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya, bila ada simpan dalam data cache, berikan hasilnya dan selesai.
  • Mencari pada alamat Server DNS pertama yang telah ditentukan oleh user.
  • Server DNS yang ditunjuk akan mencari nama domain pada cache-nya.
  • Apabila tidak ketemu, pencarian dilakukan dengan melihat file database domain (zones) yang dimiliki oleh server.
  • Apabila tidak menemukan, server ini akan menghubungi Server DNS lain yang sudah dikaitkan dengan server ini. Jika ketemu simpan dalam cache dan berikan hasilnya.
  • Apabila pada Server DNS pertama tidak ditemukan pencarian dilanjutkan pada Server DNS kedua dan seterusnya dengan proses yang sama seperti diatas. 
 Pencarian domain dari client ke sejumlah Server DNS ini dikenal sebagai proses pencarian iteratif, sedangkan proses pencarian domain antar server DNS dikenal dengan nama pencarian rekursif.

Oiya kadang DNS selain disebut Domain Name Service juga sering disebut Domain Name Server. ayo pelajari DNS biar bisa belajar nge-hosting bikin server sendiri di rumah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Kerja DNS (Domain Name Service)"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.