Pengertian Inflasi

Dalam dunia ekonomi ada istilah inflasi, defisit, moneter terus apa lagi ya?.
Kali ini akan akan dibahas tentang Pengertian Inflasi.
Pengertian inflasi secara umum adalah suatu proses kenaikan harga barang-barang secara umum yang berlangsung terus menerus, bukan hanya satu barang tetapi kebanyakan barang dan bukan dalam tempo sesaat tetapi dalam jangka waktu lama secara terus menerus.
Sedangkan kenaikan harga dari satu atau dua barang tidak dapat disebut inflasi, dalam bukunya Kamerschen menyatakan : “inflation represent a persstent rise in the average level of prices which is not match by a proportionate increase in the level of the quality of good and services consumed".
Jadi pengertian inflasi menurut Sukendar, 2000) adalah inflasi menggambarkan kenaikan tingkat harga rata-rata yang tidak diimbangi dengan kenaikan yang proporsional dari kualitas barang dan jasa yang dikonsumsi.

 Ada beberapa pengertian inflasi yang patut digaris bawahi mencakup aspek-aspek sebagai berikut:

Tendency
Tendency merupakan kecenderungan harga-harga untuk meningkat, artinya dalam jangka waktu tertentu dimungkinkan terjadi kecenderungan harga untuk meningkat.

Sustained
Sustained adalah peningkatan harga tersebut tidak hanya terjadi pada waktu tertentu atau sekali waktu saja, melainkan terus menerus dalam jangka waktu yang lama  (tidak menentu).

General level of price
General level of prices yaitu tingkat harga yang dimaksud adalah tingkat harga barang-barang secara umum sehingga tidak hanya harga dari satu macam barang saja, melainkan dari berbagai jenis barang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Inflasi"

Post a Comment

Silakan berkomentar di anakciremai.com, Maaf Jika komentar anda berbau spam akan saya hapus.