CARA SHALAT TAHAJUD

Anakciremai
By -
0
To the point saja, bagi anda yang ingin belajar bagaimana cara sholat tahajud, belajar sholat tahajud memang gampang-gampang susah, gampangnya hanya sholat minimal 2 rakaat susahnya adalah bangun tidur dan mengambil air wudhu, tapi semuanya tergantung dari niat kitanya masing-masing. berikut ini adalah cara dan bacaan sholat tahajud, yang sederhana.

Sebelumnya perlu diketahui tuntunan sholat tahajud atau tata cara sholat tahajud, kita harus mengetahui syarat sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat malam yang dilakukan setelah sholat isya dan setelah tidur, jadi kalau belum tidur belum disebut sholat tahajud, anda bisa baca makalah tentang sholat tahajud di blog anakciremai ini.

Kapan waktu sholat tahajud?
Waktu shalat Tahajud Sangat utama : 1/3 malam pertama sekitar ba’da Isya – jam 22.00
Waktu shalat Tahajud Lebih utama : 1/3 malam kedua sekitar jam 22.00 – jam 01.00 dini hari
Waktu shalat Tahajud Paling utama : 1/3 malam terakhir jam 01.00 – waktu shubuh

Berapa jumlah rakaat sholat tahajud?
Jumlah rakaat sholat tahajud adalah bebas tidak terbatas, misalnya sholat tahajud 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rokaat, 10 rakaat dst semampunya, (2 rakaat 1 salam).

Bagaimana bacaan sholat tahajud?
Bacaan sholat tahajud sebenarnya sama saja seperti bacaan sholat wajib atau sunah lainnya, Lakukan saja seperti shalat wajib atau sholat sunah biasa seperti sunah shalat ba'diah, shalat qobliah, shalat hajat, sholat witir, sholat tarawih yang anda lakukan. Yang membedakan adalah niatnya saja, berikut niat sholat tahajud:

niat sholat tahajud

"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa".
Artinya: “Aku niat sholat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”

Ayat atau surat yang dibaca dalam sholat tahajud apa saja?.
Surat atau aya yang dibaca dalam sholat tahajud sebenarnya tidak ditentukan yang penting anda hafal surat tersebut. Misalnya pada rakaat pertama setelah Al-fatihah membaca surat Al-ikhlas dan pada rak’at kedua membaca surat Al-Kafirun.

Bagaimana do’a setelah sholat tahajud?
Setelah tahajud anda bisa membaca doa berikut:
doa tahajud

atau doa sapu jagat:
doa setelah tahajud
Atau jika tidak hafal anda bisa perbanyak dzikir, istigfar, tahmid, tahlil, membaca ayat kursi, atau doa sesuai keinginan anda, anda bisa berdoa menggunakan bahasa anda sendiri karena Allah Maha Tahu.

Dalam sholat tahajud yang penting dawam (dilakuan terus menerus) tiap hari. Itulah cara belajar sholat tahajud.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)