.

DEFINISI PENGERTIAN BELAJAR (DEFINITION OF UNDERSTANDING LEARNING) MENURUT PARA AHLI

DEFINISI PENGERTIAN BELAJAR (DEFINITION OF UNDERSTANDING LEARNING) MENURUT PARA AHLI

DEFINISI PENGERTIAN BELAJAR (DEFINITION OF UNDERSTANDING LEARNING:
  1. “ Learning Is Shown By A Change In Behaviour As Result Of Experience”; Cronbach ( 1954).
  2. “Learning is to observe, to read. To imitated, to try something themselves, to listen, to follow direction”, (red “Belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti petunjuk”).
  3. “Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman”. James O. Whittaker ( Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  4. “Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan dua unsur yaitu jiwa dan raga”. (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  5. “Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor”. (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  6. “Belajar adalah suatu proses perkembangan”. (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  7. “Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman”. Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  8. “Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan”. Howard L. Kingskey ( Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
  9. “Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku”. Menurut R. Gagne( Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  10. “Belajar adalah asosiasi antara kesan panca indra dengan umpuls untuk bertindak”. Thorndike (psikologi kependidikan)
  11. “Belajar adalah suatu proses dari konditioning reflect ( respons) melalui pergantian dr suatu stimulus kepada yang lain” J. B Watson ( djiwandono, Siti wuryani, Psikologi Pendidikan; Jakarta; grasindo; 2002).
  12. “Belajar adalah proses ‘stamping in’ (diingat), forming, hubungan antara stimulus dan respon”. Thorndike (Djiwandono, Siti wuryani, Psikologi Pendidikan; Jakarta; grasindo; 2002)
  13. “Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari latihan”. Geoch( Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
  14. “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya”. Drs. Slameto ( Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  15. “Belajar adalah reoganisasi pengalaman”. (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999).
  16. “Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan”. Herbart ( swiss).


Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by rahmat hidayat, Published at 12:48 PM 0 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....