Hadits yang Mengatur Makan dan Minum dalam Islam

Hadits yang Mengatur Makan dan Minum dalam Islam

Hadits yang Mengatur Makan dan Minum dalam Islam. dalam Islam aturan makan dan minum sudah ada dalam al-qur'an dan al-hadits, Islam merupakan agama yang sempurna sampai-sampai cara makan dan minum pun diatur untuk kebaikan manusianya juga.Berikut hadits yang menjelaskan aturan atau cara makan dan minum:
1.sebelum makan dan minum hendaknya mencuci tangan hingga bersih.
2.membaca basmalah dan berdoa sebelum makan.

Artinya
Dari umur Ibn Salamah r.a., dia berkata: “Rasulullah saw. Bersabda kepada saya: “Sebutlah nama Allah dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari yang terdekat denganmu.”
(H.R.Bukhari-Muslim)

Artinya
Dari Aisyah r.a., dia berkata, “Rasulullah saw. Bersabda, Apabila salah seorang kamu makan, maka sebutlah nama Allah,jika ia lupa menyebut nama Allah di awal makannya maka hendaklah mengucapkan dengan menyebut nama Allah pada akhirnya.? (H.R.abu Daud dan Tirmidzi)


3.Makan dan minum hendaknya menggunakan tangan kanan.

Artinya
Dari Umur Ibn Salamah r.a., dia berkata, “Saya adalah anak kecil yang adalah dalam bimbingan (Asuhan) Rasulullah saw., tangan saya (kalau makan) menjelajah semua bagian nampan panjang maka Rasulullah saw. Menegur saya, “Wahai anak kecil, bacalah bismillah, maka demikianlah seterusnya makan saya setelah itu.” (H.R. Bukhari-Muslim)

4.Makan dan minum sambil duduk dengan tenang, tidak terburu-buru
5.Makan dan minum secukupnya saja, tidak berlabih-lebih Rasulullah saw. Bersabda


Artinya
Dari Jabir r.a., dia berkata, “ Saya mendengar Rasullah saw. Bersabda, “Makanan satu orang cukup untuk dua orang, makanan dua orang cukup untuk empat orang, dan makanan empat orang cukup untuk delapan orang.”
(H.R. Muslim)


6. Mengambil makanan atau minuman yang paling terdekat dari hadapan.
Rasulallah saw. Bersabda.

Artinya
Dari Ibn ‘Abbas r.a., dari Nabi saw., beliau bersabd, “Keberkahan itu turun ditangan-tangan makanan,maka makanlah dari pinggirnya dan janganlah makan dari tengahnya.” (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi)

7. Mengurangi pembicaraan apalagi tertawa ketika sedang makan dan minum.
8. Jangan meniup-niup makanan atau minuman yang masih panas. Sebaiknya menunggu makanan atau minuman sampai dingin atau layak dimakan atau minum.
Rasulullah saw. Bersabda

Artinya
Dari Ibn ‘Abbas r.a., bahwa Nabi melarang bernafas dalam bejana atau meniup dalamnya.” (H.R. Timidzi)

9. Jangan mencela makanan dan minuman. Makan dan minumlah jika suka dan tinggalkan apabila tidak suka.
Rasulullah saw. Bersabda

Artinya
Dari Abu Hurairah r.a., dia berkata, “Rasulullah saw. Tidak pernah mencela sama sekali, apabila beliau memakannya dan apabila beliau tidak suka terhadapnya beliau meninggalkannya. “ (Hadits R. Bukhari-Muslim)

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 6:25 AM 0 comments
Post a Comment

Google+ Followers