CARA MENGHILANGKAN BAU PRENGUS AMIS DAGING KAMBING

Posted On // Leave a Comment
gambar-kambing
Hari Raya Idul Adha bisa disebut juga hari qurban banyak orang memotong Kambing dan Sapi, namun dari sebagian masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan bau amis dari daging kambing menjadi hal yang sangat ditakuti, apalagi bagi anak muda khususnya cewek ABG yang baru belajar masak.

Anakciremai akan memberikan cara dan tips menghilangkan bau amis atau bau prengus pada daging kambing.

Cara pertama menghilangkan bau prengus daging kambing adalah dengan mencampur daging kambing dengan perasan jeruk nipis, caranya sebelum daging di masak air jeruk nipis di campurkan dan di aduk dengan daging, kemudian diamkan beberapa menit, selanjutnya daging kambing bisa dimasak, atau biar lebih mudah daging kambing saat di masak dikasih perasan jeruk nipit bisa juga ditambah dengan kecap.


Cara kedua mengilangkan bau amis daging kambing yaitu dengan mencapur daging yang mau dimasak dengan daun jeruk limau/jeruk limo. Cara menghilangkan bau kambing yaitu dengan mencampurkan irisan daun limau ke dalam daging kambing diaduk sampai rata kemudian simpan beberapa menit 10-15 menit setelah itu aduk kembali dan daging kambing siap dimasak. Atau jika daging kambing anda mau dimasak pakai kuah anda bisa menambahkan daun jeruk limau sebagai bumbu daging kambing.

Cara ketiga untuk menghilangkan bau prengus atau bau aroma daging kambing yaitu dengan mencapurkan daging kambing dengan daun jambu klutuk. Caranya hampir sama dengan cara mencampurkan bau dengan menggunakan jeruk nipis atau jeruk limau.

Cara keempat yaitu dengan menggunakan jahe, caranya jahe di parut atau di bejek kemudian campurkan dengan daging parutan atau irisan jahe tersebut. Atau jika kambing anda dimasak, sebagai bumbunya anda bisa menggunakan jahe untuk penambah aroma dan penghilang bau daging kambing.

Cara kelima yaitu dengan mencampurkan daging kambing dengan irisan mentimun, caranya mentimun di iris kemudian masukan dan aduk dengan daging, biarkan beberapa menit jika masih menyengat aroma kambingnya aduk terus hingga aroma kambing berkurang dan aroma mentimun juga menjadi dominan. Kemudian pisahkan daging dari mentimun, dan daging siap dimasak.

Sebenarnya masih banyak cara untuk menghilangkan rasa bau amis/prengus kambing anda bisa menggunakan kayu manis, cengkeh, air kare, santan, kecap, cuka, lobak, kapulaga, pokonya banyak yang saya posting yang gampang-gampang saja.

Nah bagi anda penggemar sate kambing ada tips buat anda agar sate menjadi empuk dan enak, caranya sebagai berikut:
  • Siapkan daging
  • Siapkan kecap dan perasan jeruk nipis dalam piring kemudian campurkan kecap dan jeruk nipis tersebut aduk hingga rata
  • Iris daging ukuran sedang tergantung selera
  • Tusuk daging menggunakan tusukan dari bambu "sujen"
  • Bakar daging hingga setengah matang
  • Celupkan daging setengah matang pada campuran kecap dan perasan jeruk nipis
  • Bakar kembali hingga matang.
  • Selamat menikmati dan selamat mencoba serta selamat bereksperimen.
Post a Comment