.

POSISI CARA MENYUSUI BAYI YANG BAIK DAN BENAR

POSISI CARA MENYUSUI BAYI YANG BAIK DAN BENAR

Cara menyusui bayi yang baik dan benarCara menyusui bayi yang baik dan benar.

Posting sebelumnya tentang struktur payudara dan jenis-jenis Air Susu Ibu, sekarang saya akan mencoba memberikan tips cara menyusui bayi yang baik dan benar atau posisi menyusui yang baik dan benar.

  1. Duduk tegak dengan punggung lurus, pangkuan rata, kaki dipijakan rata.
  2. Anda bisa menggunakan bantal atau kantong pangku untuk menyangga berat bayi supaya bayi bisa sejajar dengan payudara
  3. Gendong bayi dengan lengan kanan bila menyusui dengan payudara kiri dan lakukan sebaliknya jika anda menyuyusi menggunakan susu kanan maka gendong dengan tangan kiri. Posisi kepala bayi, leher dan punggung bayi harus lurus dengan kepala agak terangkat ke belakang.
  4. Dukung pangkal leher dan kepala bayi agar leluasa bergerak ke belakang saat menengadah.
  5. Angkat bayi agar hidungnya sejajar dengan puting susu.
  6. Sentuhkan mulut bayi pada payudara dengan lembut, Tunggu hingga bayi membuka lebar mulutnya.
  7. Saat mulutnya terbuka lebar, segera arahkan bayi ke payudara, pertama-tama dagunya dahulu, dan arahkan puting susu ke atas mulut bayi. Letakan bibir bawahnya sejauh mungkin dari bagian bawah puting, sehingga lebih banyak bagian areola (bagian puting yang berwarna coklat) yang masuk ke dalam mulut bayi.Lidah bayi mesti berada di atas gusi bagian bawah dan kepala bayi jangan berpaling.
  8. Jika bayi sudah dapat menyusu dengan baik kita tinggal memindahkan si bayi ke lengan sebelah dan menyusui dengan payudara lainnya.
  9. Untuk melepaskan bayi dari puting susu, letakan jari kelingking pada sudut mulut bayi untuk menghentikan hisapannya. jangan menarik bayi dari payudara anda secara langsung karena akan menyebabkan anda kesakitan.
Setelah terbiasa menyusui dengan posisi duduk, anda juga bisa menyusui bayi anda dengan posisi berbaring, jadi anda harus bisa mengetahui bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar dengan posisi berbaring atau tidur.
Lihat juga Video pentingnya Inisiasi Menyusu ASI secara Dini bagi sang bayi.



Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by rahmat hidayat, Published at 4:50 PM 4 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....