Anakciremai.Com

MAKALAH KOMPUTER TENTANG WIRELES

MAKALAH KOMPUTER TENTANG WIRELES

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Manusia diciptakan oleh Allah untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, namun kami sadari sebagai mahasiswa tidak semua ilmu dapat kami pahami dan kami mengerti dalam waktu yang singkat, masih banyak yang harus kami pelajari baik itu ilmu dari perkuliahan ataupun dari informasi terkini melalui media cetak, media elektronik yang kini sedang marak berita dari internet.
Wireless adalah
jaringan tanpa kabel yang merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Berkembangnya teknologi yang baru tidak selalu berarti teknologi yang lebih konvensional lantas ditinggalkan. Sebenarnya antara teknologi yang baru dengan teknologi yang lama kedua hal ini saling melengkapi, teknologi baru tidak akan bisa dikembangkan tanpa adanya teknologi yang lama. Dan yang terpenting, diantara sederatan teknologi baru yang kini sedang berkembang, banyak diantaranya yang saling melengkapi sistem satu sama lain. Sebagai contoh, teknologi wireless bisa membantu aplikasi dalam teknologi satelit relai.
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang memadai tentang wireless yang marak digunakan dalam perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang ini. Di samping itu, makalah ini disusun untuk melengkapi syarat tugas kelompok dalam mata kuliah Pengantar Teknologi informasi dan Komunikasi semester tujuh.

1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah dalam makalah ini mengungkapkan cakupan masalah yang akan dibahas. Masalah yang terlalu luas perlu dibatasi agar pembahasan lebih terfokus. Karena itu, penulis membatasi masalah mengenai wireless sebagai berikut:
1) Sejarah Wireless
2) Pengertian Wireless
3) Jenis-Jenis Jaringan wireless
4) Cara Kerja Wireless
5) Manfaat Wireless
Adapun beberapa pertanyaan dari hasil presentasi kami yang telah kami jawab sebagai berikut:
1) Kapan pertama kali adanya Jaringan?
2) Bagaimana Cara Kerja Wireless dengan Simulasinya?
3) Bagaimana meminimalisasi kebocoran Wireless yang tidak menggunakan ID password?


1.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan dan penyelesaian makalah ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dari Studi Kepustakaan / Library Research, yaitu dengan mempelajari berbagai literatur, bahan-bahan kuliah, karya ilmiah, internet melalui website-website yang berhubungan dengan wireless dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah yang dibahas untuk memperoleh kejelasan mengenai konsep dan landasan teori yang akan digunakan untuk menganalisis objek permasalahan.

1.4 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika pembahasan makalah ini adalah:
A. BAB I : PENDAHULUAN
Berisi penjelasan mengenai latar belakang adanya wireless beserta latar belakang untuk dipelajarinya, tujuan dan manfaat pembuatan makalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan;


B. BAB II : PEMBAHASAN
Berisi tentang penjelasan, deskripsi serta paparan mengenai sejarah wireless, pengertian wireless, jenis jaringan wireless beserta masing-masing pengertian, kelemahan, kelebihannya, Cara Kerja Wireless dan Manfaat Wireless serta jawaban beberapa pertanyaan dari hasil presentasi kami;
C. BAB IV : PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan intisari yang diambil dari pembahasan, serta saran usulan ataupun yang sejenisnya dalam permasalahan yang didiskusikan dan yang dibahas.

Untuk file lengkap makalah komputer tentang wireles anda bisa download di sini

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Anakciremai, Published at 1:04 PM 0 comments
Post a Comment

Google+ Followers

...