CARA BELAJAR MEMASAK YANG BENAR

Dapat ilmu nih dari hasil ngobrol sama kakak sendiri yaitu cara memasak yang benar atau cara memasak yang baik, memasak adalah adalah pekerjaan sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh kaum perempuan, namun banyak juga kaum laki-laki yang jago memasak.
Bagi anda termasuk saya sendiri yang masih belajar memasak ada beberapa tips atau cara memasak makanan yang benar atau yang baik. tips ini saya dapat dari kakak ipar sendiri yang pintar masak bisa dibilang jago masak untuk di kampung saya. maklum karena setiap ada yang hajatan seperti sunatan atau pernikahan banyak yang mempercayakan kakak saya untuk jadi juru masak alias bahasa kerennya koki.

Banyak sekali jenis masakan dan tentunya setiap daerah memiliki ciri khas sendiri-sendiri misalnya masakan khas padang, masakan khas sunda, masakan khas surabaya, masakan khas bali dan lain sebaginya. dan semua itu barang tentu selera rasa juga pasti berbeda-beda setiap daerahnya. maka belajar memasak yang benar dan baik adalah ilmu yang harus dipelajari oleh anda kaum perempuan khusunya bagi anda kaum wanita muda yang mau menginjak ke jenjang rumah tangga, yang namanya masak WAJIB dikuasai jangan malu-maluin ya... he... masa kalah sama saya.. wkwkwk... sombong... ngga just kidding.

Berikut beberapa tips yang bisa kita ambil sebagai bahan pelajaran memasak yang benar:

1. Persiapkan peralatan
Persiapan alat masak sangat penting untuk memasak agar memasak tidak gagal persiapkan dengan teliti dan benar alat masak anda sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai saat kita sedang masak tidak ada alat yang kita butuhkan untuk memasak itu, sehingga makanan yang kita masak tidak sesuai keinginan atau tidak sempurna.
Cara mempersiapkan peralatan masak yaitu dengan mendatanya satu persatu apa yang dibutuhkan, jika kita tidak punya alat untuk memasak pinjam dulu atuh ke tetangga sebelah.

2. Persiapkan bahan-bahan masakan
Persiapkan bahan-bahan masakan dari mulai yang paling besar atau bahan inti sampai hal-hal yang paling kecil atau spele misalnya garam atau gula.
Cara mempersiapkan bahan masakan yaitu dengan membuat daftar di kertas selembar bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, jika sudah ada ceklis dan cek lagi daftar yang belum tercatat di kertas dengan teliti

3. Jangan egois
Artinya masakan yang kita masak jangan asal enak menurut sendiri, masakan yang kita masak harus bisa enak dirasakan oleh orang lain. karena setiap lidah manusia berbeda-beda. ada orang yang senangnya masakan pedas seperti masakan padang, ada juga orang senang dengan masakan asin. ada juga orang yang senang masakan manis. hal ini yang paling penting dan yang paling sulit dari cara belajar memasak yang benar yaitu bisa memberikan rasa enak pada setiap orang yang memakan masakan kita walau selera orang itu berbeda-beda.
Cara agar masakan kita bisa diterima oleh orang lain yang memiliki selera makan yang beda yaitu dengan memberikan makanan kita yang sudah dibuat suruh mereka memberikan penilaian apakah masakannya enak atau tidak, terlalu asin atau terlalu manis, terlalu pedas atau kurang pedas, catatan pendapat mereka dan atur bumbu masakan sesuaikan dengan penilaian mereka yang sudah mencoba masakan kita.

4. Terus Berlatih

Jangan pernah menyerah jika masakan kita dibilang tidak enak, cobalah terus-menerus sampai benar-benar bahwa masakan kita memang enak. "para koki restoran aja bisa masa saya tidak bisa" itulah prinsip yang harus dipegang, terus belajar dan mencoba atau berlatih. jangan pernah mengeluh teruslah belajar memasak dengan benar dan baik.

5. Help
Mintalah bantuan pada saudara atau orang tua anda bagaimana cara memasak yang benar, jika perlu kursuslah belajar memasak untuk menambah ilmu pengetahuan ada.

Selamat memasak dengan baik dan benar
Post a Comment