MAKALAH PENJAS TENTANG PERSENDIAN ANGGOTA GERAK BAGIAN ATAS DAN BAWAH

Posted On // 1 comment
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu ciri makhluk hidup adalah gerak, gerak adalah suatu tanggapan terhadap rangsangan yang datang dari dalam maupun dari luar.
Pada manusia tulang merupakan alat gerak pasif karena tak dapat bergerak sendiri. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif karena dapat menggerakan tulang. Hubungan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya disebut persendian.

B. Batasan Masalah
Adapaun permasalahan yang hendak dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah “Persendian Anggota Gerak Bagian Atas dan Bawah”. Untuk memberikan kejelasan makna serta menghindari meluasnya pembahasan, maka dalam makalah ini masalahnya dibatasi pada :
1. Persendian dan jenis-jenisnya
2. Anggota gerak bagian atas
3. Anggota gerak bagian bawah
4. Gangguan pada sistem gerak.

C. Tujuan Penulisan
Pada dasarnya tujuan penulisan makalah ini terbagi menjadi dua bagian penting, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum dalam penyusunan dan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Anatomi Jurusan Penjaskes FKIP Universitas Majalengka. Adapun tujuan khusus dari penyusunan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui tentang persendian dan jenis-jenisnya
2. Untuk mengetahui anggota gerak bagian atas
3. Untuk mengetahui anggota gerak bagian bawah
4. Untuk mengetahui gangguan pada sistem gerak.

D. Metode Penulisan
Dalam proses penyusunan makalah ini penyusunan menggunakan metode heuristik dalam kegiatan penulisan dan penyusunan makalah. Metode heuristik yaitu proses pencarian dan pengumpulan sumber-sumber dalam melakukan kegiatan penelitian. Metode heuristik ini dipilih karena pada hakekatnya sesuai dengan kegiatan penyusunan dan penulisan yang hendak dilakukan. Selain itu, penyusunan juga menggunakan studi literatur sebagai tekhnik pendekatan dalam proses penyusunannya.

E. Sistematika Penulisan Makalah
Sistematika penyusunan makalah yang digunakan penyusun ini dapat dibagi ke dalam tiga bagian utama, dimana antara bagian yang lainnya merupakan kesatuan utuh yang berfungsi untuk mendeskripsikan pokok-pokok permasalahannya. Adapun sistematika penulisan makalah ini selanjutnya dijabarkan sebagai berikut :
Bagian Kesatu adalah pendahuluan. Dalam bagian ini penyusun memaparkan beberapa pokok permasalahn awal yang berhubungan erat dengan permasalahan utama. Pada bagian pendahuluan ini dipaparkan tentang latar belakang masalah, batasan dan rumusan masalah, tujuan penulisan makalah, metode penulisan makalah dan sistematika penulisan makalah.
Bagian Kedua yaitu pembahasan. Pada bagian ini merupakan bagian utama yang hendak dikaji dalam proses penyusunan makalah. Pada bagian ini pula penyusun berusaha untuk mendeskripsikan berbagai temuan yang berhasil ditemukan daei hasil pencarian sumber yang telah dilalukan.
Bagian Ketiga yaitu kesimpulan. Pada kesempatan ini penyusun berupaya untuk mengemukakan beberapa alternatif jawaban terhadap semua permasalahan-permasalahan yang dikemukakan oleh penyusun dalam perumusan masalah.

DOWNDLOAD MAKALAH PENJAS TENTANG PERSENDIAN ANGGOTA GERAK BAGIAN ATAS DAN BAWAH
Post a Comment