.

SOAL LATIHAN SEJARAH TENTANG PENGERTIAN SEJARAH

SOAL LATIHAN SEJARAH TENTANG PENGERTIAN SEJARAH

Pertanyaan
1. A. Apa yang anda ketahui tentang ilmu sejarah?
B. Coba anda kemukakan beberapa pengertian sejarah menurut para ahli?
C. Jelaskan konsep sejarah sebagai peristiwa?
2. A. Jelaskan objek penelitian sejarah
B. Jelaskan metode penulisan sejarah
C. Jelaskan sumber-sumber sejarah dan klasifikasi sumber sejarah dan contohnya?
3. A. Jelaskan ilmu-ilmu bantu sejarah?
B. Jelaskan macam-macam ilmu bantu sejarah?
C. Jelaskan fungsi dan kegunaan ilmu bantu sejarah?
4. A. Jelaskan apa yang dimaksud kausalitas sejarah dan berikan contohnya?
B. Jelaskan apa yang dimaksud eksplanasi sejarah dan berikan contohnya?

Jawaban
1). A. Ilmu sejarah adalah ilmu yang menjelaskan atau menafsirkan tentang fakta-fakta sejarah yang terkait pada masa lampau dan dijelaskan kembali oleh para sejarawan.
B. Pengetian sejarah menurut beberapa para ahli
a). Moh. Yamin Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidik beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.
b). R. Moh Ali, pengertian sejarah ada 3 yaitu: Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa seluruhnya yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis (serba teratur dan rapi)
c). Menurut pendapat saya Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau.
d). Patrick Gardiner Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia. .
e). J.V Brice Sejarah adalah catatan-catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.
f). Pengertian sejarah berbeda dengan pengertian Ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu manusia sedangkan Ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.
C. Sejarah Sebagai Peristiwa, Ilmu dan Seni
a). Sejarah sebagai peristiwa.
Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, aktualitas yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu. Disebut sejarah sebagai objek
b). Sejarah sebagai Ilmu
Sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di dalam masyarakat manusia pada masa lalu yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode yang didasarkan atas asas-asas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah. Syarat pokok sejarah disebut sebagai ilmu adalah:
1). Obyek yang definite
2). .Adanya formulasi kebenaran yang dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya
3). Metode yang efisiend).
Menggunakan sistem penyusunan tertentu.
c). Sejarah sebagai Seni.
Sejarah sebagai seni merupakan cara bagaimana membuat pembaca sejarah tertarik atas informasi kejadian masa lalu yang disajikan karena unsur keindahan yang disertakan di dalam menyajikan informasi sejarah di masa lalu sehingga akan mencapai sasaran penyampaian informasi sejarah. Sejarah berperan sebagai seni sangat terkait sekali dengan cara penulisan sejarah itu sendiri.
2) A. Metode penelitian sejarah adalah metode atau cara yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian peristiwa sejarah dan permasalahannya. Dengan kata lain, metode penelitian sejarah adalah instrumen untuk merekonstruksi peristiwa sejarah (history as past actuality) menjadi sejarah sebagai kisah (history as written). Dalam ruang lingkup Ilmu Sejarah, metode penelitian itu disebut metode sejarah.
B. Dalam proses penulisan sejarah sebagai kisah, pertanyaan-pertanyaan dasar itu dikembangkan sesuai dengan permasalahan yang perlu diungkap dan dibahas. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus menjadi sasaran penelitian sejarah, karena penulisan sejarah dituntut untuk menghasilkan eksplanasi (kejelasan) mengenai signifikansi (arti penting) dan makna peristiwa.
C. Sumber-sumber sejarah dan klasifikasi sumber sejarah dan contohnya
-Data Internal
Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Contohnya: data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb.
-Data Eksternal
Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.
-Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data yang dipaparkan dalam bentuk angka-angka. Contohnya: adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2, dan lain-lain.
-Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat dan lain-lain.
3). A. Ilmu bantu sejarah adalah ilmu-ilmu yang menjelaskan seluruh metode kesejarahan baik dari segi pandangan pribadi maupun dari segi pandangan kelompok, karena setiap ilmu hampir menjurus kapada sejarah,,oleh karena itu sejarah dapat diartikan bahwa sejarah itu mengandung arti manusia dalam dimensi waktu.
B. Macam-macam ilmu bantu sejarah adalah:
-Ilmu Sosiologi
-Ilmu Psikologi
-Ilmu Antropologi
-Ilmu Ekonomi
-Ilmu Politik
-Ilmu Arkeologi
-Ilmu Geologi
-Ilmu Biologi
-Ilmu Kimia
-Ilmu Fisika
C. Dengan adanya ilmu-ilmu bantu tersebut sehingga ilmu bantu dapat menjelaskan fakta-fakta sehingga sejarah dapat dijelaskan secara terperinci.
4). A. Causalitas sejarah adalah sebab terjadinya peristiwa sejarah, contohnya:
-Sebab Langsung
-Sebab Selanjutnya
-Sebab Keseluruhan
B. Eksplanasi sejarah adalah penjelasan tentang suatu peristiwa sejarah dengan menggunakan teori-teori dalam sejarah.

Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Anakciremai, Published at 11:50 PM 3 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....