.

SETTING SPEEDY MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 7.10

SETTING SPEEDY MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 7.10

Sekarang internet merupakan kebutuhan pokok. di kampung saya saat tulisan ini di posting yang namanya warnet (warung Internet) di satu kecamatan baru ada 2 dan itupun sekarang tinggal satu...lelet lagi.... sehingga kalau mau chating atau cari info harus pergi ke kota... tapi untungnya sejak April Speedy sudah bisa masuk ke kecamatan rajagaluh dan di SMAN 1 Rajagaluh sudah mendaftarkan diri menggunakan speedy untuk jaringan internet di Labkomputer.
Setting Speddy di windows udah ga asing tapi kalau di Linux kita harus tahu tentang perintah-perintah di terminal yang harus kita ketikan. berikut pengalaman penulis mengenai setting speedy di Linux Ubuntu 7.10.
1. Hubungkan modem ADSL ke komputer dengan menggunakan koneksi LAN (RJ-45), pastikan modem ADSL dalam keadaan menyala (tidak perlu terkoneksi ke internet)
2. Buka terminal, ketikkan :

sudo pppoeconf

3. Masukkan password
4. Aplikasi akan memeriksa perangkat-perangkat yang ada pada PC yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi (misalnya : internet card, wireless card, dsb)
5. Aplikasi akan memeriksa perangkat mana yang memiliki koneksi ke modem ADSL
6. Selanjutnya pilih “yes” untuk setiap option yang ditawarkan, jangan lupa memasukkan username dan password untuk koneksi speedy saat diminta.

Sampai tahap ini, Ubuntu telah selesai melakukan konfigurasi speedy. Untuk melihat hasil konfigurasi, gunakan perintah :

sudo nano /etc/ppp/peers/dsl-default

Untuk mulai melakukan koneksi, ketik :

sudo pon dsl-default

, untuk lebih memudahkan, kita dapat mengganti nama file dsl-default misalnya menjadi speedy, sehingga untuk melakukan koneksi ketik

sudo pon speedy

Memutuskan koneksi dapat dilakukan dengan perintah “sudo poff”.

Ya itulah pengalaman setting speedy di Linux Ubuntu. sekarang di Lab SMAN 1 rajagaluh selain menggunakan Windows untuk Kases internet kini sudah bisa menggunakan Linux Ubuntu. mau CD Gratis dari Ubuntu??? clik disini


Share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Anakciremai, Published at 11:04 AM 1 comments
Post a Comment
..

Google+ Followers

...
....