CARA JITU BANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT KERJA AND

Posted On // 2 comments
CARA JITU BANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT KERJA ANDA

Kembali bekerja setelah cuti panjang sering terasa berat pada sebagian besar orang. Bayangkan saja dalam menghadapi cuti panjang mungkin banyak sekali kegiatan-kegiatan atau acara dengan keluarga, bersilaturahmi dengan keluarga dan sebagainya. Lalu anda terpaksa harus masuk kantor lagi dan dihadapkan dengan setumpuk pekerjaan
Namun, kalaupun anda melemparkan sejuta kekesalan saat harus menginjakan kopling kendaraan karena macetnya lalu lintas atau anda yang selalu melihat jam tangan karena waktu kerja semakin dekat, anda tidak dapat merubah kenyataan bahwa inilah hari pertama untuk memulai aktivitas dengan semangat baru.
Donald Greeley, psikolog terkenal Amerika Serikat, mengatakan bahwa rasa tidak nyaman yang menghantui hari pertama bekerja harus dilenyapkan agar langkah kerja lebih ringan. Bahkan beberapa sumber juga mengatakan bahwa tiga jam pertama sangat menentukan keseluruhan hari anda
Bagaimana cara yang dapat anda jalankan untuk mewujudkan hari-hari menyenangkan? Motivasi diri anda dengan semangat baru tips berikut:
a) Bayangkan hal-hal menyenangkan
Kosongkan pikiran dari hal-hal yang memberatkan, seperti akan setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan. Mulailah berfikir bahwa esok adalah hari yang menyenangkan. Karen anda akan bertemu dengan rekan kerja atau klien yang dapat membuat anda tersenyum. Bayangkan pula hari pertama ini, rekan kerja anda akan menjalin kerja sama yang harmonis, atau bisa juga anda juga dapat membayangkan bahwa esok adalah hari kenaikan gaji.

b) Persiapkan segala perlengkapan kerja
Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan kerja seperti sepatu, pakaian dinas, asesoris kerja seperti tas, dasi atau asesoris yang lainnya menjelang tidur. Anda dapat pula untuk mulai mempertimbangkan parfum mana yang akan digunakan. Persiapan ini penting agar anda tidak tergesa-gesa jika terlambat bangun tidur atau ada suatu hal yang mengganggu persiapan kerja esok hari.
c) Segeralah bersiap diri
Saat mendengar bunyi weker, itulah awal hari yang menyenangkan. Hindari rasa malas dan jangan memanjakan diri dengan menarik selimut kembali, segeralah mengambil handuk serta perlengkapan mandi dan mulailah dengan bernyanyi dan bersenandung indah seperti ini, “Aku tukang pos rajin sekali, surat kubawa naik sepeda, siapa saja aku datangi, tidak kupilih miskin dan kaya, kring-kring pos”.
d) Awali hari dengan sarapan
Sarapan merupakan bekal untuk kelengkapan hari anda. Dengan bekal energi cukup dari makanan dan minuman, hari-hari akan terasa enerjik, pastikan kandungan gizi makanan yang anda konsumsi, jangan sampai kebutuhan tubuh tidak mencukupi.
e) Usir rasa penat
Jika tempat kerja jauh dengan tempat tinggal, jangan gusar dahulu cobalah untuk rilek dan carilah jalan alternatif yang singkat menuju tempat kerja anda
f) Mulailah dengan kreativitas
Setibanya di kantor, jangan langsung melihat setumpuk pekerjaan. Tarik nafas dalam-dalam, lakukan relaksasi dan katakan pada diri sendiri bahwa anda sanggup melakukan tugas ini. Rasa senang dalam bekerja akan timbul bila anda memiliki motivasi dan perasaan bahwa anda sanggup menyelesaikan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya. Motivasi juga akan bertambah kuat bila menyadari akan manfaat yang dapat diperoleh dari hasil kerja. Jadi mulailah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan buatlah bentuk kreativitas yang membuat pekerjaan tidak monoton.
Jika anda sulit membuat daftar kreativitas, ingatlah kembali prestasi kerja yang telah anda capai. Berikan penghargaan pada diri sendiri dan buat sasaran jangka pendek terhadap keberhasilan mendatang.
Tips di atas mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Tapi jika anda mengalami demotivasi pada hari pertama kerja, atau pindah kerja ke bagian lain, anda dapat melakukan tips di atas. Ingat bahwa hari pertama bekerja adalah penentu prestasi kerja. Ciptakan kata “Saya akan bekerja penuh semangat”. Semoga ada manfaatnya (Nurus Syamsu KaKP cabang Rajagaluh 45472).


Post a Comment